Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2399
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDrs. Hidayat, M.Ed ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorMAWARNI, DINA-
dc.date.accessioned2023-03-09T06:20:58Z-
dc.date.available2023-03-09T06:20:58Z-
dc.date.issued2022-10-04-
dc.identifier.other181434032-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2399-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penerapan model pembelajaran inquiry learning dalam meningatkan berpikir ktiris siswa pada pembelajaran tematik Tema 7 Perkembangan Teknologi di kelas III SD IT Bina Insan Batang Kuis. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu penelitian bersifat kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan berupa tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebelum diberikan tindakan di kelas presentase berpikir kritis siswa 35% artinya 9 dari 26 siswa yang mencapai nilai ketuntasan di atas KKM 70. Maka peneliti melakukan tindakan dengan menerapkan model inquiry learning. Hasil penerapan model inquiry learning berjalan secara opimal terbukti dari hasil observasi guru pada siklus I sebesar 73.33 (cukup), siklus II meningkat sebesar 83.33 (baik) dan mengalami peningkatan di siklus III yaitu 93.33 (sangat baik). Hasil observasi siswa siklus I dari 66.66 (cukup) menjadi 87 (baik) di siklus II serta memperoleh peningkatan 90 (sangat baik) pada siklus III. Berpikir kritis siswa dengan menerapkan model inquiry learning siklus I yaitu memperoleh ketuntasan presentase 53.84% (tidak kritis), siklus II meningkat menjadi 84.61% (kritis), dan mengalami peningkatan di siklus III sebesar 92.30% (sangat kritis). Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat dalam perolehan data dari siklus mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menerapkan model inquiry learning pada pembelajaran tematik Tema 7 Perkembangan Teknologi di kelas III SD IT Bina Insan Batang Kuis dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. Oleh sebab itu, disarankan guru dapat menerapkan model inquiry learning dengan tujuan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 44 PGSD 2022en_US
dc.subjectModel Inquiry Learningen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.subjectTematiken_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS III SD IT BINA INSAN BATANG KUISen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docCOVER104.5 kBMicrosoft WordView/Open
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxLEMBAR PERSETUJUAN291.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI47.5 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR127.5 kBMicrosoft WordView/Open
ABSTRAK.docABSTRAK165.5 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I.doc
  Restricted Access
BAB I139.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB II.doc
  Restricted Access
BAB II100.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB III.doc
  Restricted Access
BAB III185 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV704.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB V.doc
  Restricted Access
BAB V35 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA34.5 kBMicrosoft WordView/Open
LAMPIRAN.docLAMPIRAN36.56 MBMicrosoft WordView/Open
BIODATA MAHASISWA.docBIODATA1.8 MBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.