Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2572
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPadilah, Riska-
dc.contributor.authorFirmansyah-
dc.contributor.authorDestini, Rita-
dc.date.accessioned2023-05-05T08:01:50Z-
dc.date.available2023-05-05T08:01:50Z-
dc.date.issued2021-12-02-
dc.identifier.issn2656-0852-
dc.identifier.issn2579-9185-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2572-
dc.description.abstractInteraksi individu yang dilaksanakan di lingkungan sekolah adalah berkomunikasi. Dalam berkomunikasi tersebut harus dipikirkan bagaimana caranya agar pesan yang disampaikan seseorang itu dapat dipahami oleh oranglain.dan setiap individu terlahir memiliki kecerdasan ganda (multiple intelligences) yang dimiliki sejak lahir. Dalam PP Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 43 poin 5 tentang standar nasional pendidikan yaitu memuat kelayakan, kegrafikan, dan kelayakan sajian yang antara lain mengatur tentang perencanaan pembelajaran yang mensyaratkan bagi pendidik pada satuan pendidikan untuk mengembangkan bahan ajar khususnya LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik yang valid, praktis, dan efektif berbasis multiple intelligences dan menganalisis peningkatan komunikasi matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D) dengan Model ADDIE (Analyze, Design, Developmet, Implementation and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta TAMORA 2 Tanjung Morawa dan sampel penelitian ini adalah 25 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Lembar kerja peserta didik yang dihasilkan termasuk pada kategori valid sebesar 4,20; (2) Perangkat pembelajaran berbasis multiple intelligences yang dihasilkan praktis digunakan dalam pembelajaran dibuktikan dengan presentase pada pertemuan 1 sebesar 81,43% dan pertemuan 2 sebesar 90%; (3) Perangkat pembelajaran berbasis multiple intelligences yang dihasilkan efektif digunakan dalam meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dilihat dari presentase ketuntasan belajar siswa yang melebihi 80%.en_US
dc.publisherIAIN LANGSA-
dc.publisherhttps://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/3148 https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2459410-
dc.relation.ispartofseriesJurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI;2656-0852-
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectKemampuan Komunikasien_US
dc.subjectMultiple Intelligencesen_US
dc.titlePENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIKen_US
dc.title.alternative2021en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Karya Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.