Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1095
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SILAEN, YESI EKA RUKMANA | - |
dc.date.accessioned | 2022-04-27T03:04:28Z | - |
dc.date.available | 2022-04-27T03:04:28Z | - |
dc.date.issued | 2021-07-27 | - |
dc.identifier.other | 191114033 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1095 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran math chess bagi siswa yang valid, praktis dan efektif. Sehingga dapat diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian bilangan asli satu angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan salah satu model pengembangan yaitu model pengembangan menurut Borg & Gall. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri atas 5 tahap, yaitu (1) Perencanaan (2) Pengembangan produk awal (3) Validasi produk (validasi dan revisi) (4) Uji coba (5) Produk. Uji kevalidan produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 orang validator ahli media dan 1 orang validator ahli pengguna. Uji coba kepraktisan dan keefektifan produk dilakukan pada 18 orang siswa pada jenjang SD, SMP dan SMA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan media berdasarkan penilaian ahli media 1, ahli media 2 dan ahli pengguna mendapatkan rata-rata sebesar 4,59 dengan kriteria “sangat valid”. (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan hasil analisis terlihat bahwa dari ketiga validator rata-rata total jumlah nilai akhir adalah sebesar 91,92 dengan kategori “sangat valid”, maka media pembelajaran dinyatakan praktis secara teori dengan kategori “sangat praktis” atau media dinyatakan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan media pembelajaran juga dilihat berdasarkan respon siswa secara praktik setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 88,25% yang dinyatakan “praktis”. (3) Keefektifan media pembelajaran berdasarkan hasil persentase rata-rata respon siswa sebesar 88,10%, maka respon siswa pada media pembelajaran math chess dinyatakan “sangat positif” atau “sangat efektif”. Dari hasil penelitian pengembangan media pembelajaran math chess diatas, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mempunyai kualitas baik karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 42 PEND.MM 2021 | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Math Chess | en_US |
dc.subject | Perkalian. | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MAEDIA PAEMBELAJARAN MATH CHESS BAGI SISWA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover.doc | COVER | 319 kB | Microsoft Word | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.doc | LEMBAR PERSETUJUAN | 28.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 93 kB | Microsoft Word | View/Open |
KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 37 kB | Microsoft Word | View/Open |
ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 36 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB I.doc Restricted Access | BAB I | 68.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB II.doc Restricted Access | BAB II | 444.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB III.doc Restricted Access | BAB III | 333.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 1.11 MB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V.doc Restricted Access | BAB V | 37.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 33.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
LAMPIRAN.doc | LAMPIRAN | 2.32 MB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.