Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1095
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSILAEN, YESI EKA RUKMANA-
dc.date.accessioned2022-04-27T03:04:28Z-
dc.date.available2022-04-27T03:04:28Z-
dc.date.issued2021-07-27-
dc.identifier.other191114033-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1095-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran math chess bagi siswa yang valid, praktis dan efektif. Sehingga dapat diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian bilangan asli satu angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan salah satu model pengembangan yaitu model pengembangan menurut Borg & Gall. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri atas 5 tahap, yaitu (1) Perencanaan (2) Pengembangan produk awal (3) Validasi produk (validasi dan revisi) (4) Uji coba (5) Produk. Uji kevalidan produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 orang validator ahli media dan 1 orang validator ahli pengguna. Uji coba kepraktisan dan keefektifan produk dilakukan pada 18 orang siswa pada jenjang SD, SMP dan SMA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan media berdasarkan penilaian ahli media 1, ahli media 2 dan ahli pengguna mendapatkan rata-rata sebesar 4,59 dengan kriteria “sangat valid”. (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan hasil analisis terlihat bahwa dari ketiga validator rata-rata total jumlah nilai akhir adalah sebesar 91,92 dengan kategori “sangat valid”, maka media pembelajaran dinyatakan praktis secara teori dengan kategori “sangat praktis” atau media dinyatakan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan media pembelajaran juga dilihat berdasarkan respon siswa secara praktik setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 88,25% yang dinyatakan “praktis”. (3) Keefektifan media pembelajaran berdasarkan hasil persentase rata-rata respon siswa sebesar 88,10%, maka respon siswa pada media pembelajaran math chess dinyatakan “sangat positif” atau “sangat efektif”. Dari hasil penelitian pengembangan media pembelajaran math chess diatas, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mempunyai kualitas baik karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 42 PEND.MM 2021en_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectMath Chessen_US
dc.subjectPerkalian.en_US
dc.titlePENGEMBANGAN MAEDIA PAEMBELAJARAN MATH CHESS BAGI SISWAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.docCOVER319 kBMicrosoft WordView/Open
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docLEMBAR PERSETUJUAN28.5 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI93 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR37 kBMicrosoft WordView/Open
ABSTRAK.docABSTRAK36 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I.doc
  Restricted Access
BAB I68.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB II.doc
  Restricted Access
BAB II444.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB III.doc
  Restricted Access
BAB III333.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV1.11 MBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB V.doc
  Restricted Access
BAB V37.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA33.5 kBMicrosoft WordView/Open
LAMPIRAN.docLAMPIRAN2.32 MBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.