Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1214
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | TANJUNG, IKA LISTI FAIZUN | - |
dc.date.accessioned | 2022-05-30T03:48:25Z | - |
dc.date.available | 2022-05-30T03:48:25Z | - |
dc.date.issued | 2020-07-25 | - |
dc.identifier.other | 161114031 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1214 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VII SMP Negeri 1 Barumun Tengah T.P. 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Barumun Tengah semester II T.P. 2019/2020 yang terdiri dari 3 kelas paralel. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas ekperimen I yang telah diajarkan materi aritmatika sosial yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen II yang telah di ajarkan materi aritmatika sosial yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dimana masing-masing jumlah sampel 30 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yaitu pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil analisis data pretest disimpulkan bahwa kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata posttest pada kelas TPS sebesar 80,33 dan nilai rata-rata posttest pada kelas STAD sebesar 74,23. Dari uji hipotesis data data posttest pada kedua sampel diperoleh thitung > ttabel (3,141> 1,689) artinya bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dikelas VII SMP Negeri 1 Barumun Tengah T.P. 2019/2020. Pada proses jawaban siswa, hampir sebagian besar telah sesuai dengan indikator, namun adanya perbedaan gaya diskusi dan interaksi siswa dalam berkomunikasi saat berdiskusi menyebabkan kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar melalaui pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada tipe STAD. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 15 PEND.MM 2020 | en_US |
dc.subject | Kemampuan Komunikasi Matematika | en_US |
dc.subject | Kooperatif tipe Think Pair Share | en_US |
dc.subject | kooperatif tipe Student Team Achievement | en_US |
dc.title | PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 1 BARUMUN TENGAH | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 39.95 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 23.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 29.39 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 36.95 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 19.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 169.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 55.8 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 84.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 53.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 40.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 39.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 2.2 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.