Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1215
Title: UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN BERFIKIR MATEMATIS DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP AL WASHLIYAH AMPERA 2 MEDAN
Authors: SAFIRA, CAHAYA RATNA
Keywords: Metode PenemuanTerbimbing
Minat Belajar Siswa
Cara Berfikir Matematis Siswa.
Issue Date: 7-Jan-2020
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 16 PEND.MM 2020
Abstract: Penelitian ini mengkaji “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Meningkatkan Minat Dan Cara Berfikir Matematis Siswa”. Banyak siswa yang merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan sehingga siswa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Ketika minat siswa rendah maka hasil cara berfikir matematis siswa juga akan rendah. Hal inilah yang membuat peneliti melakukan penelitian.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPAL WASLIYAH AMPERA 2 MEDAN yang berjumlah 25 orang. Penelitian yang dilakukan selama 3 siklus dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu (1) Lembar Observasi Minat Belajar Siswa,(2) Lembar Tes Tertulis. Maka hasil penelitian sebagai berikutsiklus I sebelum dilakukan metode penemuan terbimbing, banyak siswa yangbelum mencapai ketuntasan belajar adalah 10 dari 25 siswa (40%) dengan rata-rata 59.16%. banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus II dengan metode penemuan terbimbing adalah 15 dari 25 siswa (63.88%). Hasil analisis data pada akhir siklus III dengan maksimalnya penerapan metode penemuan terbimbing beserta perbaikan pada siklus II, banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 22 dari 25 siswa (84%) dengan rata-rata 71.56%.jika dibandingkan dengan kriteria taraf keberhasilan maka pada siklus III sudah dikatakan berhasil.:.Kesimpulan dan saran dalam penelitian ini adalah (1)Dengan metode penemuan terbimbing dan persiapan yang matang sebelum proses belajar maka hasil yang kita inginkan dapat kita peroleh yaitu baik peningkatan minat matematik maupun cara berfikir matematis siswa. (2) Untuk melakukan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing maka guru harus membimbing siswa untuk membuat penemuan dan berperan aktif juga untuk mengamati dan mendorong siswa agar ikut terlibat.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1215
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER201.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI63.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR54.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK16.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I514.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II185.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III684.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV76.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V29.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA30.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN857.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.