Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1215
Title: | UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN BERFIKIR MATEMATIS DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP AL WASHLIYAH AMPERA 2 MEDAN |
Authors: | SAFIRA, CAHAYA RATNA |
Keywords: | Metode PenemuanTerbimbing Minat Belajar Siswa Cara Berfikir Matematis Siswa. |
Issue Date: | 7-Jan-2020 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 16 PEND.MM 2020 |
Abstract: | Penelitian ini mengkaji “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Meningkatkan Minat Dan Cara Berfikir Matematis Siswa”. Banyak siswa yang merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan sehingga siswa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Ketika minat siswa rendah maka hasil cara berfikir matematis siswa juga akan rendah. Hal inilah yang membuat peneliti melakukan penelitian.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPAL WASLIYAH AMPERA 2 MEDAN yang berjumlah 25 orang. Penelitian yang dilakukan selama 3 siklus dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu (1) Lembar Observasi Minat Belajar Siswa,(2) Lembar Tes Tertulis. Maka hasil penelitian sebagai berikutsiklus I sebelum dilakukan metode penemuan terbimbing, banyak siswa yangbelum mencapai ketuntasan belajar adalah 10 dari 25 siswa (40%) dengan rata-rata 59.16%. banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus II dengan metode penemuan terbimbing adalah 15 dari 25 siswa (63.88%). Hasil analisis data pada akhir siklus III dengan maksimalnya penerapan metode penemuan terbimbing beserta perbaikan pada siklus II, banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 22 dari 25 siswa (84%) dengan rata-rata 71.56%.jika dibandingkan dengan kriteria taraf keberhasilan maka pada siklus III sudah dikatakan berhasil.:.Kesimpulan dan saran dalam penelitian ini adalah (1)Dengan metode penemuan terbimbing dan persiapan yang matang sebelum proses belajar maka hasil yang kita inginkan dapat kita peroleh yaitu baik peningkatan minat matematik maupun cara berfikir matematis siswa. (2) Untuk melakukan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing maka guru harus membimbing siswa untuk membuat penemuan dan berperan aktif juga untuk mengamati dan mendorong siswa agar ikut terlibat. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1215 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 201.46 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 63.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 54.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 16.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 514.47 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 185.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 684.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 76.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 29.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 30.52 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 857.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.