Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1224
Title: PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SMP NEGERI 4 TANJUNG BALAI
Authors: RAJA, NIKE LUMBAN
Keywords: Think Pair Share (TPS)
Numbered Head Together (NHT)
Kemampuan Komunikasi Matematis.
Issue Date: 18-Jul-2020
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 32 PEND.MM 2020
Abstract: Tujuan dari penelitian : melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Numbered Head Together (NHT). Komunikasi matematika satu faktor yang penting dalam proses pembelajaran matematika didalam atau diluar kelas, mengekspresiasikan ide-ide matematika secara koherensi kepada teman, guru, dan lainnya melalui bahasa lisan dan tulisan. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Numbered Head Together (NHT) sangat baik untuk komunikasi matematika siswa tetapi dalam dua model ini memiliki kelebihan dan kelemahannya. Peneliti menggunakan desain penelitiannya adalah control group pretest-posttest design. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu eksperimen I dan eksperimen II. Pretest digunakan untuk melihat kemampuan awal siswa sementara Posttest untuk melihat kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan. Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Tanjung Balai, populasi pada penelitian ini semua siswa kelas VIII berjumlah 210 prang dan jumlah sampelnya 60 orang. Sebagai alat pengumpulan data yaitu soal pretest dan posttest dimana pertanyaan yang sama dengan soal tes 5 uraian. Dari penelitian ini dapat diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematika dikelas yang diberikan perlakuan Think Pair Share (TPS) dengan rata-rata = 71,88 dan Numbered Head Together (NHT) dengan rata-rata = 62,16. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t dimana t_(hitung )>t_(tabel ) yaitu 2,789 > 1,671. Hal ini berarti bahwa Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dikelas Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada Numbered Head Together (NHT).
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1224
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER89.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lembar Persetujuan.docxLEMBAR PERSETUJUAN370.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR65.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK18.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I187.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II39.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III71.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV52.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V21.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA26.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN2.93 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA.docxBIODATA22.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.