Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1224
Title: | PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SMP NEGERI 4 TANJUNG BALAI |
Authors: | RAJA, NIKE LUMBAN |
Keywords: | Think Pair Share (TPS) Numbered Head Together (NHT) Kemampuan Komunikasi Matematis. |
Issue Date: | 18-Jul-2020 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 32 PEND.MM 2020 |
Abstract: | Tujuan dari penelitian : melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Numbered Head Together (NHT). Komunikasi matematika satu faktor yang penting dalam proses pembelajaran matematika didalam atau diluar kelas, mengekspresiasikan ide-ide matematika secara koherensi kepada teman, guru, dan lainnya melalui bahasa lisan dan tulisan. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Numbered Head Together (NHT) sangat baik untuk komunikasi matematika siswa tetapi dalam dua model ini memiliki kelebihan dan kelemahannya. Peneliti menggunakan desain penelitiannya adalah control group pretest-posttest design. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu eksperimen I dan eksperimen II. Pretest digunakan untuk melihat kemampuan awal siswa sementara Posttest untuk melihat kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan. Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Tanjung Balai, populasi pada penelitian ini semua siswa kelas VIII berjumlah 210 prang dan jumlah sampelnya 60 orang. Sebagai alat pengumpulan data yaitu soal pretest dan posttest dimana pertanyaan yang sama dengan soal tes 5 uraian. Dari penelitian ini dapat diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematika dikelas yang diberikan perlakuan Think Pair Share (TPS) dengan rata-rata = 71,88 dan Numbered Head Together (NHT) dengan rata-rata = 62,16. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t dimana t_(hitung )>t_(tabel ) yaitu 2,789 > 1,671. Hal ini berarti bahwa Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dikelas Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada Numbered Head Together (NHT). |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1224 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 89.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lembar Persetujuan.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 370.03 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 65.16 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 18.91 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 187.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 39.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 71.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 52.75 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 21.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 26.26 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 2.93 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA.docx | BIODATA | 22.41 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.