Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1279
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSutikno., SPd., MPd., Ph.D; Rahmat Kartolo., SPd., MPd., PhD ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorJANNAH, FIFTA UL-
dc.date.accessioned2022-06-02T07:27:38Z-
dc.date.available2022-06-02T07:27:38Z-
dc.date.issued2020-07-16-
dc.identifier.other161234070-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1279-
dc.description.abstractKeterampilan berbahasa pada hakekatnya mencakup 4 aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pengembangan salah satu aspek keterampilan berbahasa itu harus didukung oleh ketiga aspek lainnya, karena keempat aspek keterampilan berbahasa itu merupakan satu kesatuan. Tanpa dukungan itu mustahil satu aspek dapat berkembang dengan sendirinya. Menulis sebagai salah satu aspek keterampilan berbahasa tidak berdiri sendiri sebagai salah satu aspek keterampilan berbahasa tetapi, mencakup pula bebeĀ¬rapa unsur di dalamnya. Salah satu unsur diantaranya ialah tanda baca. Dengan demikian tanda baca dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia, harus mendapat perhatian guru bidang studi bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh antara penguasaan tanda baca terhadap keterampilan menulis wacana deskripsi siswa kelas X SMA Swasta Nur Hasanah Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nur Hasanah Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020, yang berjumlah 126 orang terdiri 3 kelas. Karena jumlah populasi begitu besar, maka jumlah populasi sebagaian dijadikan sampel diambil secara acak yaitu sebanyak 50 orang (sampling random). Alat pengumpul data adalah angket berupa tes penguasaan tanda baca dan tes keterampilan menulis wacana deskripsi yang ditujukan kepada siswa kelas X SMA Swasta Nur Hasanah Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Teknik pengolahan data yang penulis gunakan dalam pengolahan data adalah menggunakan korelasi product moment dengan rumus : Dengan kriteria pengujian hipotesis : hipotesis diterima jika r (hitung) lebih besar atau sama dengan r tebel, hipotesis ditolak, jika r (hitung) lebih kecil dari r (tabel). Berdasarkan penelitian dan pembahasan, maka diperoleh nilai korelasi sebesar 0,845 sedangkan nilai korelasi tabel korelasi (untuk N = 50 dan taraf signifikan 5%) diperoleh nilai sebesar 0,279, berarti nilai r (hitung) yaitu 0,845 lebih besar dari nilai r (tabel) korelasi yaitu 0,279. Dengan demikian berarti hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima kebenarannya sebab nilai r (hitung) > dari nilai r (tabel) atau 0,845 > 0,279en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 22 PEND.MM 2020en_US
dc.subjectKosa Kataen_US
dc.subjectPenguasaanen_US
dc.subjectDeskripsi.en_US
dc.titleKOMPETENSI PENGUASAAN TANDA BACA PADA WACANA DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA NUR HASANAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019-2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SAMPUL R1.docCOVER60 kBMicrosoft WordView/Open
ABSTRAK R1.docDAFTAR ISI, KATA PENGANTAR DAN ABSTRAK123.5 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I R1.doc
  Restricted Access
BAB I53 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB II R1.doc
  Restricted Access
BAB II117.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB III R1.doc
  Restricted Access
BAB III60 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB IV R1.doc
  Restricted Access
BAB IV122.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB V R1.doc
  Restricted Access
BAB V30.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
LAMPIRAN R1.docLAMPIRAN162 kBMicrosoft WordView/Open
Lampiran skripsi.docLAMPIRAN40 kBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.