Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2399
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Drs. Hidayat, M.Ed ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | MAWARNI, DINA | - |
dc.date.accessioned | 2023-03-09T06:20:58Z | - |
dc.date.available | 2023-03-09T06:20:58Z | - |
dc.date.issued | 2022-10-04 | - |
dc.identifier.other | 181434032 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2399 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penerapan model pembelajaran inquiry learning dalam meningatkan berpikir ktiris siswa pada pembelajaran tematik Tema 7 Perkembangan Teknologi di kelas III SD IT Bina Insan Batang Kuis. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu penelitian bersifat kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan berupa tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebelum diberikan tindakan di kelas presentase berpikir kritis siswa 35% artinya 9 dari 26 siswa yang mencapai nilai ketuntasan di atas KKM 70. Maka peneliti melakukan tindakan dengan menerapkan model inquiry learning. Hasil penerapan model inquiry learning berjalan secara opimal terbukti dari hasil observasi guru pada siklus I sebesar 73.33 (cukup), siklus II meningkat sebesar 83.33 (baik) dan mengalami peningkatan di siklus III yaitu 93.33 (sangat baik). Hasil observasi siswa siklus I dari 66.66 (cukup) menjadi 87 (baik) di siklus II serta memperoleh peningkatan 90 (sangat baik) pada siklus III. Berpikir kritis siswa dengan menerapkan model inquiry learning siklus I yaitu memperoleh ketuntasan presentase 53.84% (tidak kritis), siklus II meningkat menjadi 84.61% (kritis), dan mengalami peningkatan di siklus III sebesar 92.30% (sangat kritis). Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat dalam perolehan data dari siklus mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menerapkan model inquiry learning pada pembelajaran tematik Tema 7 Perkembangan Teknologi di kelas III SD IT Bina Insan Batang Kuis dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. Oleh sebab itu, disarankan guru dapat menerapkan model inquiry learning dengan tujuan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 44 PGSD 2022 | en_US |
dc.subject | Model Inquiry Learning | en_US |
dc.subject | Berpikir Kritis | en_US |
dc.subject | Tematik | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS III SD IT BINA INSAN BATANG KUIS | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.doc | COVER | 104.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 291.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 47.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 127.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 165.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB I.doc Restricted Access | BAB I | 139.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB II.doc Restricted Access | BAB II | 100.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB III.doc Restricted Access | BAB III | 185 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 704.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V.doc Restricted Access | BAB V | 35 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 34.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
LAMPIRAN.doc | LAMPIRAN | 36.56 MB | Microsoft Word | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.doc | BIODATA | 1.8 MB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.