Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2451
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Dra. Sukmawarti, M.Pd ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | ASTRI, DINDA | - |
dc.date.accessioned | 2023-04-05T04:38:32Z | - |
dc.date.available | 2023-04-05T04:38:32Z | - |
dc.date.issued | 2022-08-09 | - |
dc.identifier.other | 181434175 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2451 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar berbasis saintifik pada tema panas dan perpindahannya di kelas V SD, (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar berbasis saintifik yang akan dikembangkan pada tema panas dan perpindahannya di kelas V SD, (3) mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar berbasis saintifik pada tema panas dan perpindahannya di kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi),dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli desain bahan ajar, ahli pembelajaran (guru kelas V) dan siswa kelas V. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji validitas ahlimateri, ahli desain bahan ajar, tanggapan guru, danresponsiswa. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu 76% termasuk kategori baik/layak. Hasil validasi oleh ahli desain bahan ajar yaitu 78,4% termasuk kategori baik/layak. Hasil validasi dari tanggapan guru kelas V yaitu 95% termasuk kategori sangat baik/sangat layak, sedangkan untuk respon siswa yaitu 87,5% termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Berdasarkan hasil presentase dari ahli materi, ahli desain bahan ajar, tanggapan guru dan respon siswa tersebut, kemudian dihitung rata-ratanya diperoleh hasil 84,24% termasuk dalam kategori sangat baik/sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 101 PGSD 2022 | en_US |
dc.subject | Bahan Ajar Berbasis Saintifik | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Tematik | en_US |
dc.subject | Panas | en_US |
dc.subject | Perpindahannya | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SAINTIFIK PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SEKOLAH DASAR | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER (Dinda Astri).docx | COVER | 91.47 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN (Dinda Astri).docx | LEMBAR PENGESAHAN | 139.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI (Dinda Astri).docx | DAFTAR ISI | 18.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR (Dinda Astri).docx | KATA PENGANTAR | 101.56 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK (Dinda Astri).docx | ABSTRAK | 614.31 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I (Dinda Astri).docx Restricted Access | BAB I | 23.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II (Dinda Astri).docx Restricted Access | BAB II | 63.29 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III (Dinda Astri).docx Restricted Access | BAB III | 41.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV (Dinda Astri).docx Restricted Access | BAB IV | 50.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V (Dinda Astri).docx Restricted Access | BAB V | 18.8 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA (Dinda Astri).docx | DAFTAR PUSTAKA | 21.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN (Dinda Astri).docx | LAMPIRAN | 16.19 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA (Dinda Astri).docx | BIODATA | 6.82 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.