Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2468
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNila Lestari, S.Pd., M.Pd (PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorCHAIRUNNISA-
dc.date.accessioned2023-04-06T02:33:55Z-
dc.date.available2023-04-06T02:33:55Z-
dc.date.issued2022-09-08-
dc.identifier.other181434026-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2468-
dc.description.abstractJudul penelitian ini adalah Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran Tematik Kelas IV di SD PAB 20 Bandar Klippa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai masalah, yaitu: kendala guru dalam mengimplementasikan Pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik, kendala tersebut disebabkan oleh faktor keluarga, sehingga menyebabkan budaya karakter menurun dan banyak terjadi bullying yang menyebabkan keberhasilan akademik juga menurun. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dalam hal ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran tematik, dan kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, penyebab budaya karakter bisa menurun yang dapat menyebabkan keberhasilan akademik juga menurun. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawacara. Observasi dan wawancara ditujukan kepada guru untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran Tematik Kelas IV di SD PAB 20 Bandar Klippa. Untuk melakukan implementasi pendidikan Karakter di SD tidaklah mudah, seorang pendidik harus telah memiliki karakter yang baik. Dimana pendidikan disetiap jenjang harus diselenggarakan dengan sistematis guna mencapai tujuan tersebut. Hal ini berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik sehingga mampu bersaing, beretika bermoral, sopan santun dan dapat berinteraksi dengan masyarakat. Pembinaan karakter termasuk ke dalam materi yang harus di ajarkan dan dikuasai dan direalisasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implemetasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran tematik di kelas IV SD PAB 20 Bandar Klippa sudah mencapai hasil yang memuaskan. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara dan analisis data pada saat observasi penilaian observasi pada guru dengan skor presentase 65%. Guru telah maksimal dalam mengimplemetasikan pendididikan karakter melalui kegiatan pembelajaran tematik dengan kegiatan spontan, bersikap ramah, disiplin dan dapat menciptakan suasana yang kondusif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 107 PGSD 2022en_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectPembelajaran Tematiken_US
dc.titleIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD PAB 20 BANDAR KLIPPAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
a. Cover.docCOVER176 kBMicrosoft WordView/Open
b. Lembar Pengesahan.docLEMBAR PENGESAHAN361 kBMicrosoft WordView/Open
d. DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI32.5 kBMicrosoft WordView/Open
c. KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR376.5 kBMicrosoft WordView/Open
e. ABSTRAK.docABSTRAK483 kBMicrosoft WordView/Open
f. BAB I.doc
  Restricted Access
BAB I57.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
g. BAB II.doc
  Restricted Access
BAB II130.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
h. BAB III.doc
  Restricted Access
BAB III93.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
i. BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV175 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
j. BAB V.doc
  Restricted Access
BAB V51.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
k. DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA63 kBMicrosoft WordView/Open
l. LAMPIRAN.docLAMPIRAN879 kBMicrosoft WordView/Open
m. Biodata Mahasiswa.docBIODATA312 kBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.