Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2668
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSaputra, Eka-
dc.contributor.authorHarahap, Rosmawati-
dc.date.accessioned2023-06-01T04:08:53Z-
dc.date.available2023-06-01T04:08:53Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2668-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas XI SMA Swasta Swadaya Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2021-2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI SMA Swasta Swadaya Hamparan Perak yang berjumlah 35 siswa. Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas XI SMA Swasta Swadaya Hamparan Peraksebanyak 35 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dаn post-test design. Instrumen yang digunakan adalah esаy pretest dan esаy posttest. Nilai rata-rata sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah 64,77dan Standart Deviasi ﴾SD) yaitu 38,81, sedangkan nilai rata-rata setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah 86,2 dan Standart Deviasi ﴾SD) yaitu 38,3. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai test menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Berdasarkan data diatas dapat, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsawberpengaruh positif terhadap pembelajaran menulis teks prosedur kompleks pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Swadaya Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2021-2022.en_US
dc.publisherJRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)en_US
dc.relation.ispartofseries;Vol 7, No 2 (2022)-
dc.titlePengembangan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa SMAen_US
Appears in Collections:Dra. Rosmawati Harahap, M.Pd., Ph.D.



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.