Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3072
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Pratiwi, Yusni | - |
dc.contributor.author | Hidayat (pembibing) | - |
dc.date.accessioned | 2023-08-29T07:38:45Z | - |
dc.date.available | 2023-08-29T07:38:45Z | - |
dc.date.issued | 2023-07-11 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3072 | - |
dc.description.abstract | Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Rendahnya hasil belajar Matematika Siswa kelas IV MIS Al-Ikhkas Sidodadi R materi bangun datar, keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga, dikarenakan rendahnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning, guru hanya menggunakan buku ajar sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari Media Pembelajaan Interaktif Berbasis Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIS Al-Ikhlas Sidodadi R, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental dan dengan desain Two-group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A dan siswakelas IV B yang berjumlah 37 siswa.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tekniktes. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih besar yaitu 82,74 dari pada rata-rata nilai pada kelaskontrolyaitu 78,61. Skor post test kelas eksperimen dan kelas kontrol yang mana nilai thitung lebih dari t tabel (3,682.026). Hal ini ditunjukkan dari perolehan hasil perhitungan uji hipotesis posttest melalui uji-t pada taraf signifikansi 0,05, dimana t hitung t tabel yaitu 3,68 2,026. Hasil ini diperkuat dengan pencapaian rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen dengan nilai 82,74 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 78,61. Sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif merupakan solusi yang tepat untuk mengembangkan pembelajaran yang memberikan pengaruh baik terhadap hasil belajar siswa | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 59 PGSD 2023 | en_US |
dc.subject | Media Interaktif | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIS AL-IKHLAS SIDODADI R | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
YUSNI BAB III.doc Restricted Access | BAB III | 764 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
YUSNI BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 842.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
YUSNI BAB V.doc Restricted Access | BAB V | 32 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
YUSNI BIODATA MAHASISWA.doc | BIODATA MAHASISWA | 70.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
YUSNI COVER.doc | COVER | 35 kB | Microsoft Word | View/Open |
YUSNI DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 86 kB | Microsoft Word | View/Open |
YUSNI DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 33.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
YUSNI KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 60.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
YUSNI LAMPIRAN.doc | LAMPIRAN | 4.47 MB | Microsoft Word | View/Open |
YUSNI LEMBAR PENGESAHAN.doc | LEMBAR PENGESAHAN | 100.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
YUSNI ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 342.3 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
YUSNI BAB I.doc Restricted Access | BAB I | 734.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
YUSNI BAB II.doc Restricted Access | BAB II | 149.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.