Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/310
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HUMAIDAH, RAHMY | - |
dc.date.accessioned | 2022-01-21T07:17:59Z | - |
dc.date.available | 2022-01-21T07:17:59Z | - |
dc.date.issued | 2021-07-01 | - |
dc.identifier.other | 171214008 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/310 | - |
dc.description.abstract | Permasalahan yang diajukan dalam peneitian ini adalah “Apakah penerapan metode round robin dapat mengupayakan kemampuan berbicara dalam diskusi kelompok siswa kelas X SMK Al-Washliyah 9 PerbaunganTahun Pembelajaran 2020-2021?Kemampuan berbicara merupakan kompetensi dasar sebagai kemampuan atau respon, minimal yang harus dimiliki siswa. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Al-Washliyah 9 Perbaunganyang berjumlah 35 siswa, dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah kemampuan berbicara dalam diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode round robin di kelas Al-Washliyah 9 Perbaungandengan tiga siklus. Untuk memperoleh data yang diperlakukan dalam penelitian ini, digunakan tes essay yaitu tes hasil belajar sebanyak 5 (lima) soal. Prosedur penelitiannya terdiri dari tahap perencanaan, membuat rencana pembelajaran, lembar observasi dan mendesain alat evaluasi.Tahap pelaksanaan tindakan, melaksanakan rencana pembelajaran metode round robin.Tahap observasi menggunakan lembar observasi untuk mencatat temuan.Tahap observasi dan refleksi merupakan analisis, sintesis, interpretasi, dan eksplementasi yang diperoleh dari data pelaksanaan tindakan.Hasil penelitian ini memberi simpulan yaitu suasana belajar dalam pembelajaran yang menerapkan metode round robin, yang mana aktivitas siswa, kondisi siswa dalam belajar, respon dan hasil belajar siswa sewaktu belajar mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Dengan rata-rata tes hasil belajar pertama sebesar 63, 21 dari siklus I, rata-rata tes hasil belajar ke-dua 71, 69 pada siklus II, rata-rata hasil belajar ke-tiga 73, 69 pada siklus III, demikian juga dengan ketuntasan belajar siswa di siklus I sebesar 45, 65%, di siklus II sebesar 80, 65%, dan di siklus III, sebesar 91, 65%. Dari hasil ini dapat di simpulkan bahwa penerapan metode round robin dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam diskusi kelompok siswa kelas X Al-Washliyah 9 PerbaunganTahun Pembelajaran 2020-2021. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 03 PEND.BIND 2021 | en_US |
dc.subject | Kumpetensi | en_US |
dc.subject | berbicara | en_US |
dc.subject | teknik round robin | en_US |
dc.title | Upaya meningkatkan kemampuan berbicara dengan metode round robin dalam diskusi kelompok pada siswa kela X SMK AL Washliyah 9 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2020-2021 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 41.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 31.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 30.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KT. PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 77.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 31.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB 1.docx Restricted Access | BAB I | 26.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB 2.docx Restricted Access | BAB II | 35.24 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB 3.docx Restricted Access | BAB III | 82.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB 4.docx Restricted Access | BAB IV | 89.33 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB 5.docx Restricted Access | BAB V | 24.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 21.28 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.