Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3113
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Khairani, 191424009 | - |
dc.contributor.author | Ali, Rahmadi (pembibing) | - |
dc.date.accessioned | 2023-09-05T03:05:46Z | - |
dc.date.available | 2023-09-05T03:05:46Z | - |
dc.date.issued | 2023-06-13 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3113 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan media ritatoon untuk anak usia 5-6 tahun di PAUD Qaireen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart. Subjek penelitian ini adalah 20 anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan media ritatoon, aktivitas guru dan anak serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan media ritatoon. Hal ini diketahui dari rata-rata anak yang mendapat tingkat pencapaian anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB) pada Pra Siklus dengan rata-rata Persentase 37,81%, Kemudian pada Siklus I tingkat pencapaian anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB) dengan rata rata persentase 63,75%, sehingga dapat kita lihat peningkatan Pra siklus menuju Siklus I Namun pada siklus I belum berkembang dengan baik sehingga dilanjutkan ke Siklus II. Tingkat pencapaian anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB) Siklus II dengan Rata-rata Persentase 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media ritatoon dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Peningkatan terjadi, dikarenakan dalam bercerita dengan menggunakan ritatoon yang sebelumnya belum pernah diterapkan di sekolah tersebut, big ritatoon karakteristik khusus yang penuh warna-warni, gambar yang menarik, maupun kata yang dapat diulang-ulang, mempunyai sifat yang mudah ditebak, dan menyenangkan. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 07 PG-PAUD 2023 | en_US |
dc.subject | Berbahasa | en_US |
dc.subject | Media Ritatoon | en_US |
dc.subject | Metode Bercerita | en_US |
dc.title | UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA RITATOON ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD QAIREEN T.A 2022/2023 | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
a.Cover.docx | Cover.docx | 201.23 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
b. Lembar Pengesahan.doc | LEMBAR PENGESAHAN | 381.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
c. KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR.docx | 273.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
d. DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI.docx | 20.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
e. ABSTRAK.docx | ABSTRAK.docx | 625.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
f. BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 29.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
g. BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 29.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
h. BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 46.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
i. BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV.docx | 98.94 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
j. BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 26.12 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
k. DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 26.89 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
l. Lampiran.docx Restricted Access | Lampiran | 1.38 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
m. Biodata Mahasiswa.doc | BIODATA MAHASISWA | 394 kB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.