Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3259
Title: EFEKTIVITAS PEMAHAMAN MENGENAI PERBENDAHARAAN KOSAKATA DAN TATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VI SD NEGERI 143 BARBARAN KABUPATEN MANDAILING NATAL
Other Titles: TESIS
Authors: Husin, Asmar
Sutikno
Keywords: Pengaruh
Kosakata
Tata Bahasa
Teks Narasi
Issue Date: 20-Jun-2023
Publisher: Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 09 2023 PPS PEND.IND
Abstract: Dalam memberikan informasi kepada pembaca, tentu diperlukan kemampuan dan penguasaan kosakata, agar mampu menggunakan kosakata yang baik serta mengikuti tata bahasa yang ada dalam menuliskan pemaparannya sehingga pembaca lebih memahami paparan yang ditulis. Untuk itu rumusan masalah dalam penelitian ini Adakah pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VI SD Negeri 143 Barbaran Kabupaten Mandailing Natal?โ€. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VI SD Negeri 143 Barbaran Kabupaten Mandailing Natal.Penelitiankorelasionalmerupakanpenelitiankuantitatif berjenis penelitian ex-post facto.Penelitian ex-post facto merupakan penelitian dimana variabel-variabel bebas telah terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel terikat dalam suatu penelitian.Sampel dalam penelitian ini yang diambil sebanyak 23 orang siswa VI SD Negeri 143 Barbaran Kabupaten Mandailing Natal.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa teknik uji-t atau pengujian hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penguasaan perbendaharaan kosakata dan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VI SD Negeri 143 Barbaran Kabupaten Mandailing Natal dengan diperoleh ๐‘กโ„Ži๐‘ก๐‘ข๐‘›g = 3,210 sedangkan nilai ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 0,413 artinya nilai ๐‘กโ„Ži๐‘ก๐‘ข๐‘›g lebih besar dari nilai ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™. Dan juga p-value = 0,004/2 = 0 < 0,05 atau signifikansi lebih kecil dari taraf kesalahan yang ditentukan. Dengan demikian ada pengaruh penguasaan perbendaharaan kosakata dan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VI SD Negeri 143 Barbaran Kabupaten Mandailing Natal dengan kontribusi sebesar 29,7 % sedangkan sisanya sebesar 70,3 % diperoleh oleh variabel lain.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3259
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK576.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA.docxBIODATA405.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER646.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI47.89 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA42.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR73.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN126.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
SURAT PERNYATAAN.docxSURAT PERNYATAAN364.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN.docxTANDA PERSETUJUAN385.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx442.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docx527.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docx451.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV95.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx433.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.