Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3293
Title: | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BALOK HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RIZKI WAHYU ANANDA KEC. PAGAR MERBAU T.A 2022-2023 |
Authors: | Ananda, Suci (191424001) Rangkuti, Darajat (pembibing) |
Keywords: | Kemampuan Membaca Permulaan Media Balok Huruf |
Issue Date: | 18-Jul-2023 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 16 PG-PAUD 2023 |
Abstract: | Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan membaca permulaan anak yang masih tergolong sangat rendah, hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan kertas origami,guru yang tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media balok hurufterhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di RA Rizki Wahyu Ananda Kec Pagar MerbauT.A2022-2023.Metode dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian yang menggunakan desain peneletian One-Group Pre-test-Post-test Design, penelitian ini adalah termasuk ke dalam jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif,dalam penelitian ini terdapat satu kelompok yang diberiperlakuan,kemudian bermaksud untuk membandingkan keadaan sebelum dengan sesudah diberi perlakuan.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun sesuai dengan indikator yang akan dicapai. Populasi dan sampel penelitian meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak terdiri dari 4 indikator dari keseluruhan anak dengan sampel total yang berjumlah 20 anak, 8 laki-laki dan 12 perempuan. Hasilpenelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media balokhuruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di RA Rizki Wahyu Ananda Kec Pagar Merbau T.A 2022-2023, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesisdengan menggunakan uji-t. Thitung = 2,883>1,729, dan karena dk=(n-1) = (20-1)=19 dan tarafnyata 𝛼 = 0,05. Maka diperoleh T hitung lebih besar dari Ttabelatau 2,883>1,729, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media balok huruf berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di RA Rizki Wahyu Ananda Kec Pagar Merbau,hal ini dibuktikan dari hasil pre-testdanpost-test.Dapat dilihat bahwa perhitungan rata-rata nilai anak sebelum diberikan perlakuan lebih rendah dibandingkan sesudah diberikan perlakuan.Rata-ratakemampuan membaca permulaan anak setelah penggunaan media balok huruf diperoleh 13,85 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan nilai rata-rata anak sebelum penggunaan media balok huruf mendapatkan nilai sebesar 7,5 yang berada pada kategori cukup. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3293 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 850.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 13.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 32.6 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 32.7 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 87.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 9.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 47.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 34.41 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 11.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 9.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGETAR | 242.34 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 692.96 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
LEMBAR PERSETUJUAN.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 394.2 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.