Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/345
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPutri Juwita, S.Pd., M.Pd. ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSINAGA, AMELIA ENDAYU SYAHPUTRI-
dc.date.accessioned2022-01-25T02:48:03Z-
dc.date.available2022-01-25T02:48:03Z-
dc.date.issued2021-07-27-
dc.identifier.other171214056-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/345-
dc.description.abstractKemampuan menulis sangat dibutuhkan bagi siswa untuk menuangkan segala sesuatu yang sedang mereka ketahui dan pelajari, hal ini mengandung seberapa pentingnya menulis bagi kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menulis Ikhtisar Cerpen Menggunakan Video Animasi Pada Siswa Kelas XI SMK Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020–2021. Dalam penelitian ini masalah yang ditemukan berupa kemampuan siswa yang masih rendah dalam menulis ikhtisar cerpen, guru kurang menggunakan media yang bervariatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post test dan pretest sebagai acuan perbandingan hasil. Populasi penelitian ini adalah 245 siswa dari 8 kelas. Dari jumlah tersebut diambil sempel 10% menjadi 24 siswa, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu eksperimen dengan 12 siswa dan kelompok kontrol 12 siswa. Untuk sampel eksperimen maupun kontrol harus berasal dari populasi yang homogen. Teknik pengambilan sempel dilakukan secara acak. Instrumen atau alat pengumpulan data yang dilakukan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes menulis Ikhtisar Cerpen Cinta Laki-laki Biasa. Data yang terkumpul akan dianalisis secara maksimal. Dari hasil analisis data yang di ketahui bahwa perlakuanuji t yakni Nilai dari thitung dalam penelitian ini adalah -4,152 dimana ttabel adalah 1,7114 dalam standar signifikan adalah 0,05 atau 5% . Berarti –ttabel< thitung< ttabel atau -1,7114 < -4,152 < 1,7114 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini membuktikan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dengan memberi perlakuan dibandingkan tidak memberi perlakuan memiliki pengusaan yang positif, maka pada penelitian ini video animasi dapat memberikan pengaruh baik pada kemampuan siswa dalam menulis ikhtisar cerpen.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 39 PEND.BIND 2021en_US
dc.subjectVideo animasien_US
dc.subjectKemampuanen_US
dc.subjectIkhtisar cerpenen_US
dc.titlePENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS IKHTISAR CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA NURUL AMALIYAH TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2020-2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER54.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN14.5 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI22.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK16 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I25.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II60.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III31.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV40.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V15.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA17.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN801.27 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.