Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3630
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Munawirsyah | - |
dc.contributor.author | 191124008 | - |
dc.contributor.author | Haryadi, Jafri | - |
dc.date.accessioned | 2024-04-03T04:43:05Z | - |
dc.date.available | 2024-04-03T04:43:05Z | - |
dc.date.issued | 2023-08-10 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3630 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skor hasil belajar fisika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning menggunakan media powerpoint dan skor hasil belajar fisika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi usaha dan energi di kelas X SMAN 1 Tanoh Alas tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu peneltian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Tanoh Alas yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling (acak) dengan jumlah sampel penelitian 2 kelas yaitu X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 orang dan X-IPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 orang. Tes hasil belajar 20 item berbentuk pilihan berganda dengan 4 alternatif jawaban dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari analisis data diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 10.32 dengan standar devisiasi 2.19 dan skor rata-rata kelas kontrol sebesar 10.06 dengan standar devisiasi 2.08. Pada uji normalitas untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel = 0,066 < 0,246 dan pada kelas kontrol Lhitung< Ltabel = 0,056<0,234 maka kedua kelas tersebut memiliki data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data kedua sampel diperoleh ๐นโ๐๐ก๐ข๐๐ โค ๐น๐ก๐๐๐๐ = 0,429 < 0,657 maka kedua sampel berasal dari sampel yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung> ttabel = 2,021 > 1,684 sehingga Ha diterima. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang sigtnifikan pada model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Tanoh Alas. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 01 FIS 2024 | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Discovery Learning | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar Fisika Siswa . | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (DISCOVERY LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMAN 1 TANOH ALAS | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
a. Cover.doc | Cover | 187 kB | Microsoft Word | View/Open |
b. Lembar Pengesahan.doc | Lembar Pengesahan | 396.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
c. KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 342 kB | Microsoft Word | View/Open |
d. DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 44 kB | Microsoft Word | View/Open |
e. ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 682.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
f. BAB I.doc Restricted Access | BAB I | 70.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
g. BAB II.doc Restricted Access | BAB II | 196 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
h. BAB III.doc Restricted Access | BAB III | 237 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
i. BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 366 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
j. BAB V.doc Restricted Access | BAB V | 36.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
k. DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 47.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
l. Lampiran.doc Restricted Access | Lampiran | 1.54 MB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
m. Biodata Mahasiswa.doc | Biodata Mahasiswa | 3.96 MB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.