Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3634
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Siregar, Devi Wahyuni | - |
dc.contributor.author | 191434154 | - |
dc.contributor.author | Landong, Ahmad | - |
dc.date.accessioned | 2024-04-03T07:16:44Z | - |
dc.date.available | 2024-04-03T07:16:44Z | - |
dc.date.issued | 2023-10-26 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3634 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk Pengembangan Bahan Ajar menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Pada Kelas IV SD Negeri 068084 Medan Denai berbentuk bahan ajar berbentuk Lembar Kerja Siswa menggunakan Realistic Mathematics Education. Realistic Mathematics Education adalah konsep pembelajaran yang menyajikan suatu materi berupa permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa dengan berdasarkan pemahaman konsep kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan pengembangan ADDIE, dengan 5 tahapan pengembangan yaitu : 1) Analisi (analisys); 2) Desiain (design); 3) Pengembangan (development); 4) Implementasi (implementation); dan 5) Evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 068084 Medan Denai tahun ajaran 2022/2023 sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar berupa buku materi pecahan sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mendapat kriteria sangat baik berdasarkan penilaian Validasi bahan ajar menggunakan model RME (Realistic Mathematic Education) berbantuan aplikasi canva yang telah dikembangkan berada di kategori “Sangat Layak” dengan nilai rata-rata 4.5. Validasi media menggunakan model RME (Realistic Mathematic Education) berbantuan aplikasi canva yang telah dikembangkan berada di kategori “Sangat Layak” dengan nilai rata-rata 4, media ini telah memenuhi kriteria kepraktisan bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan yang telah ditetapkan. Pada uji coba ketuntasan klasikal dari kemampuan belajar siswa sebesar 84,67% sebanyak 15 siswa dengan kategori “Sangat Layak. Rata- rata respon siswa pada uji coba adalah 3,85 dengan jumlah siswa 15 orang dengan kategori “Sangat Layak”. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 36 PGSD 2024 | en_US |
dc.subject | Bahan Ajar | en_US |
dc.subject | Lembar Kerja Siswa | en_US |
dc.subject | Realistic Mathematics Education | en_US |
dc.subject | ADDIE | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) MATERI PECAHAN PADA KELAS IV SD NEGERI 068084 MEDAN DENAI | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 623.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 39.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 5.44 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 396.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 320.88 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 27.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 244.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 68.14 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 33.3 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 38.07 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 135.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 1.01 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 583.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.