Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3695
Title: PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI PADA TEMA TUMBUHAN DAN HEWAN SISWA KELAS III SDN 105350 PERBARAKAN
Authors: Sari, Yulinda Fatma
191434035
Anshor, Arrini Shabrina
Keywords: Kelayakan
Media pembelajaran
Pengembangan media audio visual
ADDIE
Issue Date: 29-Jul-2023
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 44 PGSD 2024
Abstract: Penelitian ini merupakan pengembangan berupa audio visual sebagai media pembelajaran yang bertujuan 1) Mengetahui kelayakan serta menghasilkan produk media pembelajaran menulis cerita oleh ahli materi dan ahli media sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. 2) Mengetahui respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran audio visual yang dikembangkan. 3) Mengetahui keberhasilan media audio visual dengan menggunakan tes untuk meningkatkan kemampuan menulis tema menyayangi tumbuhan dan hewan siswa kelas III. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan ADDIE, yaitu analysis (analisis), design (perencanaan), development (pengembangan), implementation (pelaksanaan), evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap evaluasi akan tetapi evaluasi yang dilakukan hanya uji coba terbatas, maka evaluasi yang dimaksud disini adalah evaluasi dari kegiatan implementasi. Hasil evaluasi didapatkan dari saran guru dan siswa selama uji coba tersebut dilaksanakan. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media. Media yang dikembangkan diuji coba oleh 31 siswa kelas III SDN 105350 Perbarakan. Hasil penilaian ahli materi presentase yang diperoleh 90,90% yang termasuk ke dalam kategori “sangat valid”. Hasil penilaian ahli media presentase yang diperoleh 81,53% yang termasuk ke dalam kategori “sangat valid”. respon siswa dalam angket media pembelajaran presentase yang diperoleh 92,96% yang termasuk ke dalam kategori “sangat valid”. Dan penilaian tes yang telah dilakukan oleh siswa terhadap media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kembali cerita diperoleh presentase 79,83% “valid”. Dengan demikian media pembelajaran audio visual berhasil digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis kembali siswa pada tema 2 menyayangi tumbuhan dan hewan sebagai media pembelajaran.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3695
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK599.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I26.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II68.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III32.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV1.18 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V28.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
Biodata Yulinda.docxBIODATA YULINDA112.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER159.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI23.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA32.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR91.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN2.74 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI897.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.