Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/373
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBeta Rapita Silalahi, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorAMALIA, WIDYA-
dc.date.accessioned2022-01-25T08:05:55Z-
dc.date.available2022-01-25T08:05:55Z-
dc.date.issued2021-08-19-
dc.identifier.other171434044-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/373-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk Meengembangkan media pembelajaran gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 101870 Desa Sena. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa SDN 101870 Desa Sena. Dan sampel dalam penelitian ini adalah Kelas IV SDN 101870 dengan Jumlah 28 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tet post-test dan pre-test dan kuesioner. Teknik Analisis Data Dalam penelitian ini penulis menggunakan Uji Validitas.Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah Keefektifan media pembelajaran gambar berseri dalam proses pembelajaran terbukti efektif. Hal ini terbukti dengan perbandingan hasil pretest dan posttest dengan menggunakan normalized gain diperoleh hasil Dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas yaitu nilai signifikan nilai pre test yaitu 0,149 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal, dan pada nilai signifikan post test yaitu 0,200 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal. nilai Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar tanpa media dan hasil belajar dengan menggunakan media dari data pretest dan posttest atau hal ini membuktikan bahwa penggunaan media gambar berseri sangat berpengaruh dengan peningkatan keterampilan berbicara siswa terlihat nilai Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Tahapannya, antara lain (1) Analysis, yakni dengan melakukan observasi awal untuk mencari potensi masalah yang kemudian dicari sebuah solusi untuk mengatasinya. (2) Design, yakni membuat desain media pembelajaran berdasarkan silabus dan RPP yang ada. (3) Development, yakni tahapan produksi dengan berpedoman pada rancangan tampilan yang telah dibuat. (4) Implementation, yakni tahap uji coba produk, tahap validasi ahli, dan tahap penerapan langsung dalam pembelajaran. (5) Evaluation, yakni melakukan pretest dan posttest untuk mengetahui apakah media pembelajaran gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 19 PGSD 2021en_US
dc.subjectMedia Gambar Berserien_US
dc.subjectKeterampilan Berbicaraen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONEASIA SISWA KELAS IV SDN 101870 DESA SENAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER52.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN34.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI37.69 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR36.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK7.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I40.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II166.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III51.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV1.37 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V39.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA41.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN3.69 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.