Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/425
Title: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Information and Communication Technology (ICT) Dengan Menggunakan Linktree Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPS Islam Annur Prima T/A 2020/2021
Authors: NUZIRWAN
Keywords: Pengembangan
Bahan Ajar
ICT
Linktree
Aritmatika Sosial
Issue Date: 3-Jul-2021
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 01 PEND.MM 2021
Abstract: Penelitian dan pengembangan ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama dalam pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan menggunakan Linktree pada materi aritmatika sosial yang dapat menjadi alternatif masukkan dalam memberikan pembelajaran di masa pandemi covid 19 yang mengharuskan belajar secara mandiri melalui online. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui kelayakan dan respon guru serta peserta didik dimana potensi dan masalah ditemukan yaitu di sekolah SMPS Islam Annur Prima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada salah satu model yaitu Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono meliputi enam tahapan yang menyesuaikan kebutuhan dan keterbatasan peneliti. Enam tahapan pengembangan terdiri dari:1) Analisis Potensi dan Masalah, 2) Mengumpulkan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPS Islam Annur Prima berjumlah 30 orang siswa laki-laki. Penilaian produk dan teknik analisis data bersifat deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup. Penilaian produk didasarkan pada kualitas media, kualitas materi, respon guru matematika,serta respon dari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan validasi ahli materi dinyatakan “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,07 dan rata-rata persentase 81,42%. Kelayakan ahli media dinyatakan “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,31 dan rata-rata persentase 86,33%. Penilaian respon guru matematika memperoleh rata-rata skor 4,80 dan rata-rata persentase 96% dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji coba kelompok kecil dengan rata-rata skor 4,28 dan rata-rata persentase 85,65% dengan kategori “sangat baik” dan uji kelompok besar dengan rata-rata sebesar 4,45 dan rata-rata persentase 89,14% yang termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Dengan hasil akhir rata-rata dari keempat penilaian mendapatkan total rata-rata skor sebesar 4,38 dan total rata-rata persentase 87,89% yang termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar berbasis ICT dengan menggunakan Linktree sangatlayak digunakan dan memenuhi tuntutan dalam pembelajaran matematika dan sebagai alternatif media untuk membagikan bahan ajar pada materi aritmatika sosial kelas VII di SMPS Islam Annur Prima.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/425
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1 COVER.docx75.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2 TANDA PERSETUJUAN.docx40.97 kBMicrosoft Word XMLView/Open
5 DAFTAR ISI.docx55.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open
4 KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR118.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3 ABSTRAK.docxABSTRAK43.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6 BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I123.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
7 BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II114.27 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
8 BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III96.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
9 BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV6.26 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
10 BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V42.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
11 LAMPIRAN.docxLAMPIRAN44.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open
12 LAMPIRAN.docxLAMPIRAN15.29 MBMicrosoft Word XMLView/Open
13 BIODATA.docxBIODATA1.12 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.