Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4261
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Sipayung, Riana Kristiani | - |
dc.contributor.author | 171434211 | - |
dc.contributor.author | Dwi, Dara Fitrah | - |
dc.date.accessioned | 2024-10-18T04:13:26Z | - |
dc.date.available | 2024-10-18T04:13:26Z | - |
dc.date.issued | 2024-01-23 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4261 | - |
dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini yaitu eksperimen kuasi (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design. Bentuk ini merupakan pengembangan dari eksperimen murni (true experimental design). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 064972 Medan kelas pada tema 4 Kelas V SD tahun ajaran 2021/2022 yang berlokasi di Jl. Medan Amplas Patumbak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 064972 Medan pada tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 95 siswa yang berada dalam IV SD. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa KPS dapat ditumbuh kembangkan pada diri peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning untuk memperoleh Keterampilan Proses Sains peserta didik yang maksimal. Hal ini sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan oleh Angga Risnaini Uswatun Chasanah, dkk yaitu terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang mengikuti pembelajaran model project based learning dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Nuril Maghfiroh, dkk juga berpendapat bahwa ada pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 131 PGSD 2024 | en_US |
dc.subject | Project Based Learning | en_US |
dc.subject | Keterampilan | en_US |
dc.subject | Sains | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS TEMA 4 KELAS IV SD | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
a. Cover.docx | Cover | 160.18 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
b. Lembar Pengesahan.docx | Lembar Pengesahan | 398.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
c. ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 528.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
d. KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 368.61 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
e. DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 21.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
f. BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 32.95 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
g. BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 54.12 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
h. BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 60.95 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
i. BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 46.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
j. BABV.docx Restricted Access | BAB V | 21.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
k. DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 24.18 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
l. Lampiran.docx Restricted Access | Lampiran | 9.45 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
m. Biodata Mahasiswa.docx | Biodata Mahasiswa | 434.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.