Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4261
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSipayung, Riana Kristiani-
dc.contributor.author171434211-
dc.contributor.authorDwi, Dara Fitrah-
dc.date.accessioned2024-10-18T04:13:26Z-
dc.date.available2024-10-18T04:13:26Z-
dc.date.issued2024-01-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4261-
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini yaitu eksperimen kuasi (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design. Bentuk ini merupakan pengembangan dari eksperimen murni (true experimental design). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 064972 Medan kelas pada tema 4 Kelas V SD tahun ajaran 2021/2022 yang berlokasi di Jl. Medan Amplas Patumbak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 064972 Medan pada tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 95 siswa yang berada dalam IV SD. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa KPS dapat ditumbuh kembangkan pada diri peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning untuk memperoleh Keterampilan Proses Sains peserta didik yang maksimal. Hal ini sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan oleh Angga Risnaini Uswatun Chasanah, dkk yaitu terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang mengikuti pembelajaran model project based learning dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Nuril Maghfiroh, dkk juga berpendapat bahwa ada pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 131 PGSD 2024en_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.subjectKeterampilanen_US
dc.subjectSainsen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS TEMA 4 KELAS IV SDen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
a. Cover.docxCover160.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open
b. Lembar Pengesahan.docxLembar Pengesahan398.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
c. ABSTRAK.docxABSTRAK528.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open
d. KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR368.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
e. DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI21.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
f. BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I32.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
g. BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II54.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
h. BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III60.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
i. BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV46.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
j. BABV.docx
  Restricted Access
BAB V21.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
k. DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA24.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open
l. Lampiran.docx
  Restricted Access
Lampiran9.45 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
m. Biodata Mahasiswa.docxBiodata Mahasiswa434.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.