Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4311
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ZULIANI, BEBY LIDIA | - |
dc.contributor.author | 227015012 | - |
dc.contributor.author | Sutikno | - |
dc.date.accessioned | 2025-01-09T03:26:29Z | - |
dc.date.available | 2025-01-09T03:26:29Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-04 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4311 | - |
dc.description.abstract | Dalam realitas pendidikan di lapangan, banyak pendidik yang masih menggunakan bahan ajar yang konvensional, yaitu bahan ajar yang siap pakai, tinggal beli, instan, tanpa upaya merencanakan, menyiapkan, dan menyusun sendiri. Dengan demikian, risiko yang didapat adalah bahan ajar yang mereka pakai kurang menarik. Seorang pendidik dituntut kreativitasnya untuk mampu menyusun bahan ajar yang inovatif, variatif, menarik, kontekstual, dan sesuai dengan tingkat kebutuhan peserta didik. Sayangnya masih banyak pendidik yang masih menggunakan bahan ajar yang konvensional, yaitu bahan ajar yang siap pakai, tinggal beli, instan, tanpa upaya merencanakan, menyiapkan, dan menyusun sendiri dan kurang menarik perhatian anak-anak dalam belajar. Maka digunakanlah media gambar sebagai upaya pengembangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bahan ajar berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, mengetahui daya tarik bahan ajar berdasarkan respon siswa, dan mengetahui peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa berdasarkan nilai pretes dan postes. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri UPT SPF Nomor 105272 Purwodadi Sunggal Tahun Pembelajaran 2023-2024. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri UPT SPF Nomor 105272 Purwodadi Sunggal Tahun Pembelajaran 2023-2024 sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dan rata-rata. Hasil kualitas bahan ajar secara keseluruhan adalah baik dengan persentase sebesar 78%. Hasil daya tarik bahan ajar berdasarkan respon siswa pada ujicoba terbatas diperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori sangat menarik, sedangkan pada ujicoba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori sangat menarik. Nilai rata-rata pretes adalah 6,09, sedangkan nilai rata-rata postes adalah 8,44 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa. | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 8 2025 PPS PEND.IND | en_US |
dc.subject | Pengembangan Bahan Ajar | en_US |
dc.subject | Teks Percakapan | en_US |
dc.subject | Media Gambar | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PERCAKAPAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI UPT SPF NOMOR 105272 PURWODADI SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024 | en_US |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 816.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.doc | BIODATA MAHASISWA | 733.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
COVER.doc | COVER | 625 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 273 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 273 kB | Microsoft Word | View/Open |
KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 273 kB | Microsoft Word | View/Open |
LAMPIRAN.doc | LAMPIRAN | 923 kB | Microsoft Word | View/Open |
SURAT PERNYATAAN.doc | BIODATA MAHASISWA | 633 kB | Microsoft Word | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN TESIS.doc | TANDA PERSETUJUAN TESIS | 633.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB I.doc | BAB I | 289 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB II.doc | BAB II | 390 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB III.doc | BAB III | 386 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 462.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V.doc | BAB V | 275.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.