Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4311
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorZULIANI, BEBY LIDIA-
dc.contributor.author227015012-
dc.contributor.authorSutikno-
dc.date.accessioned2025-01-09T03:26:29Z-
dc.date.available2025-01-09T03:26:29Z-
dc.date.issued2024-07-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4311-
dc.description.abstractDalam realitas pendidikan di lapangan, banyak pendidik yang masih menggunakan bahan ajar yang konvensional, yaitu bahan ajar yang siap pakai, tinggal beli, instan, tanpa upaya merencanakan, menyiapkan, dan menyusun sendiri. Dengan demikian, risiko yang didapat adalah bahan ajar yang mereka pakai kurang menarik. Seorang pendidik dituntut kreativitasnya untuk mampu menyusun bahan ajar yang inovatif, variatif, menarik, kontekstual, dan sesuai dengan tingkat kebutuhan peserta didik. Sayangnya masih banyak pendidik yang masih menggunakan bahan ajar yang konvensional, yaitu bahan ajar yang siap pakai, tinggal beli, instan, tanpa upaya merencanakan, menyiapkan, dan menyusun sendiri dan kurang menarik perhatian anak-anak dalam belajar. Maka digunakanlah media gambar sebagai upaya pengembangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bahan ajar berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, mengetahui daya tarik bahan ajar berdasarkan respon siswa, dan mengetahui peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa berdasarkan nilai pretes dan postes. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri UPT SPF Nomor 105272 Purwodadi Sunggal Tahun Pembelajaran 2023-2024. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri UPT SPF Nomor 105272 Purwodadi Sunggal Tahun Pembelajaran 2023-2024 sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dan rata-rata. Hasil kualitas bahan ajar secara keseluruhan adalah baik dengan persentase sebesar 78%. Hasil daya tarik bahan ajar berdasarkan respon siswa pada ujicoba terbatas diperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori sangat menarik, sedangkan pada ujicoba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori sangat menarik. Nilai rata-rata pretes adalah 6,09, sedangkan nilai rata-rata postes adalah 8,44 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 8 2025 PPS PEND.INDen_US
dc.subjectPengembangan Bahan Ajaren_US
dc.subjectTeks Percakapanen_US
dc.subjectMedia Gambaren_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PERCAKAPAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI UPT SPF NOMOR 105272 PURWODADI SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024en_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docABSTRAK816.5 kBMicrosoft WordView/Open
BIODATA MAHASISWA.docBIODATA MAHASISWA733.5 kBMicrosoft WordView/Open
COVER.docCOVER625 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI273 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA273 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR273 kBMicrosoft WordView/Open
LAMPIRAN.docLAMPIRAN923 kBMicrosoft WordView/Open
SURAT PERNYATAAN.docBIODATA MAHASISWA633 kBMicrosoft WordView/Open
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docTANDA PERSETUJUAN TESIS633.5 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I.docBAB I289 kBMicrosoft WordView/Open
BAB II.docBAB II390 kBMicrosoft WordView/Open
BAB III.docBAB III386 kBMicrosoft WordView/Open
BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV462.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB V.docBAB V275.5 kBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.