Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4833
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDARA, FEBRI RISMA-
dc.contributor.author227215004-
dc.contributor.authorArfanty, Yulia-
dc.date.accessioned2025-09-10T01:52:30Z-
dc.date.available2025-09-10T01:52:30Z-
dc.date.issued2024-07-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4833-
dc.description.abstractSalah satu komponen penting dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah membaca memahami. Ini bukan sekadar membaca teks bahasa Inggris, tetapi membaca dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh. Kemampuan membaca merupakan keterampilan yang sangat penting, dan pengajarannya perlu ditingkatkan. Untuk mengatasi hal ini, guru diminta untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran menggunakan media dan metode pembelajaran yang menarik. Pembelajaran Berbasis Hasil (OBE - Outcome-Based Education) berarti dengan jelas memfokuskan dan mengatur segala sesuatu dalam sistem pendidikan di sekitar apa yang harus bisa dilakukan oleh semua siswa secara sukses pada akhir pengalaman belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, memvalidasi, dan mengetahui efektivitas bahan ajar membaca pemahaman berdasarkan Pembelajaran Berbasis Hasil (OBE). Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas Sebelas di SMK AL WASHLIYAH 12 SEI RAMPAH. Peneliti memilih kelas XI-1. Dalam pemilihan sampel, peneliti memilih kelas XI-1 yang terdiri dari 15 siswa sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan teknik-teknik berikut: literasi belajar, wawancara, observasi, diskusi kelompok, dan dokumentasi. Dalam mengembangkan bahan ajar membaca pemahaman berdasarkan Pembelajaran Berbasis Hasil (OBE), beberapa kriteria proses digunakan melalui siklus R&D di Borg & Gall. Validasi media dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif yang menggambarkan penerapan media pembelajaran. Untuk menjawab pertanyaan tentang efektivitas metode, peneliti menggunakan Skor Ngain. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Pengembangan bahan ajar membaca pemahaman berdasarkan Pembelajaran Berbasis Hasil (OBE) berhasil, dengan peningkatan rata-rata sebesar 9,13% dan tingkat kelulusan sebesar 86,66%. (2) Berdasarkan penyajian lembar penilaian metode dan desain penelitian di setiap fase, peneliti menyimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar membaca pemahaman untuk siswa telah terbukti valid, dengan skor rata-rata 4,1 yang berarti berada pada level baik. (3) Pengembangan bahan ajar membaca pemahaman menggunakan metode OBE terbukti efektif, dengan skor persentase Ngain sebesar 81,94%.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris 10 2024 PPS PEND.INGen_US
dc.subjectMembaca Memahamien_US
dc.subjectMateri Ajaren_US
dc.titleDEVELOPING READING COMPREHENSION MATERIALS BASED ON OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) FOR ELEVENTH GRADE STUDENTSIN THE SMK AL WASHLIYAH 12 SEI RAMPAH ACADEMIC YEAR 2023-2024en_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
227215004_File1.docx227215004_File1.docx814.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227215004_File2.docx227215004_File2.docx651.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227215004_File3.docx227215004_File3.docx548.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227215004_File9.docx
  Restricted Access
227215004_File9.docx3.24 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
227215004_Fulltext.docx
  Restricted Access
227215004_Fulltext.docx4.58 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
227215004_File4.docxBAB I184.27 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227215004_File5.docxBAB II210.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227215004_File6.docxBAB III232.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open
227215004_File7.docx
  Restricted Access
BAB IV238.34 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
227215004_File8.docxBAB V180.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.