Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/843
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHASANAH, ADETIYA-
dc.date.accessioned2022-04-07T02:34:14Z-
dc.date.available2022-04-07T02:34:14Z-
dc.date.issued2017-09-19-
dc.identifier.other131114134-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/843-
dc.description.abstractBeberapa masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematik siswa rendah dan Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open-Ended terhadap kemampuan penalaran matematik siswa kelas VII MTs Lab Ikip Al-Washliyah Medan TA. 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Lab Ikip Al-Washliyah yang terbagi dalam 5 kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, dengan mengambil dua kelas secara acak dari 5 kelas. Maka diperoleh Kelas VII Abu Bakar sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Ali Bin Abi Thalib sebagai kelas kontrol.. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay yang berjumlah 6 soal, namun setelah di uji cobakan ternyata terdapat 1 butir soal yang tidak valid, sehingga hanya 5 butir soal saja yang digunakan. Dari hasil pembahasan penelitian ini bagi kelas yang menggunakan model pembelajaran Open-Ended diperoleh perhitungan rata-rata 71,06 dan simpangan baku 7,23. Bagi kelas yang menggunakan pendekatan konvensional diperoleh perhitungan rata-rata 63,59 dan simpangan baku 8,82 dengan menggunakan uji kesamaan rata-rata dengan taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan = 62 diperoleh thitung = 3,703. Dengan menggunakan tabel distribusi pada taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan = 62 diperoleh ttabel = 1,671 yang menunjukkn bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha yang diterima. Berdasarkan analisis data pengujian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Open-Ended berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematik siswa kelas VII MTs Lab Ikip Al-Washliyah. Dan peneliti menyarankan kepada guru dalam pelaksanaan pembelajaran diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Open-Ended sehingga siswa memiliki kemampuan penalaran matematik yang lebih tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 66 PEND.MM 2017en_US
dc.subjectModel Open-Endeden_US
dc.subjectKemampuan Penalaran Matematiken_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII M,Ts LAB IKIP AL WASHLIYAH MEDAN TA. 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER OKE.docCOVER50.5 kBMicrosoft WordView/Open
Lembar Pengesahan.docLEMBAR PENGESAHAN25 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI58 kBMicrosoft WordView/Open
kata pengantar ade.docKATA PENGANTAR35 kBMicrosoft WordView/Open
ABSTRAK.docABSTRAK34.5 kBMicrosoft WordView/Open
Bab I dan II (1-22).doc
  Restricted Access
BAB I DAN BAB II112 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB III ADE 23-38.doc
  Restricted Access
BAB III395 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB IV adeee 39-45.doc
  Restricted Access
BAB IV156.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB V adeeee 46-47.doc
  Restricted Access
BAB V40.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA ade 48.docDAFTAR PUSTAKA29 kBMicrosoft WordView/Open
LAMPIRAN I (82).docLAMPIRAN66 kBMicrosoft WordView/Open
LAMPIRAN J (83).docLAMPIRAN39.5 kBMicrosoft WordView/Open
LAMPIRAN K (84).docLAMPIRAN42.5 kBMicrosoft WordView/Open
LAMPIRAN L 85.docLAMPIRAN43.5 kBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.