Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/990
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Drs. Ahmad Sukri Nasution, M.Pd ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | SANTIKA, AYU | - |
dc.date.accessioned | 2022-04-21T04:16:59Z | - |
dc.date.available | 2022-04-21T04:16:59Z | - |
dc.date.issued | 2021-10-28 | - |
dc.identifier.other | 171434118 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/990 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu Media gambar berseri yang dapat mengatasi permasalahan di kelas II SD pada pembelajaran muatan Bahasa Indonesia khususnya pada materi perdagangan internasional kegiatan ekspor dan impor, dan memudahkan siswa dalam mempelajari materi secara mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Pengembangan produk pada penelitian ini menggunakan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Subjek dari uji coba adalah guru Kelas II, yang berada di SD Negeri 106450 Cinta Air dengan materi cerita dongeng yang berjudul Sapi dan Kerbau Bertukar Kulit. Objek dalam penelitian ini adalah media Gambar Berseri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia cerita dongeng. Adapun waktu penelitian akan direncanakan pada bulan Juli 2021. Prosedur pengembangan yang harus dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar media Gambar Berseri berbentuk Pop Up Book terdiri dari analisis masalah, mendesain media gambar berseri, validasi produk dan revisi. Instrumen pokok yang dipakai untuk mengumpulkan data dalam pengembangan ini adalah instrument ahlimateri dan ahli media yang berasal dari Dosen Unoversitas Muslim Nusantara AW Medan dan Guru kelas II. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil pernyataan lembar observasi tim validasi media, materi dan tanggapan guru. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pada validasi ahli materi dan media yang dilakukan dalam dua tahap dengan satu kali revisi, media Gambar Berseri pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan mengalami dinyatakan baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SD Negeri 106450Cinta Air. Hal ini dapat dibuktikan dengan penilaian yang diperoleh dari produk awal dengan produk revisi mengalami kenaikkan penilaian. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 33 PGSD 2021 | en_US |
dc.subject | Keterampilan Menyimak | en_US |
dc.subject | Menulis, dan Berbicara | en_US |
dc.subject | Pengembangan Media Gambar Berseri | en_US |
dc.subject | Bahasa Indonesia | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA DI KELAS II SD | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 21.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 240.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 17.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 45.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 14.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 38.39 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 44.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 48.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 7.47 MB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V.doc Restricted Access | BAB V | 31 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 15.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.