Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1819
Title: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI DENGAN TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK KELAS VIII SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2015/2016
Authors: DAMANIK, RISKI SEPTIAN
Issue Date: 6-Apr-2017
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 28 BK 2017
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelasVIII SMP Negeri 5 Tebing Tinggi menunjukkan rendahnya kemampuan bersosialisasi siswa dengan teman sebaya. Melalui layanan bimbingan kelompok ini dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa dengan teman sebaya. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa dengan teman sebaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling dengan menggunakan tiga siklus. Subyek penelitian ini yaitu 10 orang siswakelasVIII-1 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. Di mana 10 siswa tersebut merupakan hasil observasi dan wawancara dari guru BK SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif yaitu persentase dan analisis deskriptif untuk data kualitatif. Hasil penelitian diperoleh persentase kemampuan bersosialisasi siswa dengan teman sebaya pada 10 siswa kelasVIII-I SMP Negeri 5 Tebing Tinggi sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok yaitu 80% dengan kriteria rendah dengan rincian 8 siswa, dan20% dengan criteria tinggi dengan rincian 2 siswa. Setelah pemberian tindakan siklus 1 yaitu70% dengan kategori rendah dengan rincian 7 siswa, 10% dengan kategori sedang dengan rincian1siswa da 20% dengan criteria tinggi dengan rincian 2 siswa. Persentase setelah siklus 2 sebesar 50% dengan kategorI sedang dengan rincian 3 siswa dan 30% kategori tinggi dengan rincian 2 siswa. Persentase setelah siklus 3 sebesar 80% dengan kategori sedang dengan rincian 8 siswa dan 20% kategori tinggi dengan rincian 2 siswa. Sesudah diberikan tindakan sebanyak tiga siklus terjadi peningkatan. Sehingga tidak ada lagi kategori rendah dalam kemampuan sosialisasisiswa dengan teman sebayanya. Sebaliknya, sosialisasi siswa dengan teman sebayanya berubah menjadi kategori sedang dan tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan bersosialisasi siswa dengan teman sebaya dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Saran yang diberikan kepada guru bimbingan dan konseling di sekolah tersebut diharapkan dapat meningkatkan lagi kemampuan bersosialisasi siswa dengan teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok, serta pihak sekolah agar menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung layanan bimbingan dan konseling.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1819
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. COVER SKRIPSI.docxCOVER100.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.docxLEMBAR PERSETUJUAN14.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3. DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI33.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I20.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II39.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III56.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV69.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V13.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA12.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6. LAMPIRAN I.docxLAMPIRAN22.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open
7. LAMPIRAN II-III-IV.docxLAMPIRAN32.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open
8. Lampiran V.docxLAMPIRAN20.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.