Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2460
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK GEOMETRI BERNUANSA BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SD
Authors: Dra. Sukmawarti, M.Pd ( PEMBIMBING )
PUTRI, LILI AMELIA
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Matematika
Materi Geometri
Budaya Melayu
Kemampuan Berpikir Kritis.
Issue Date: 20-Dec-2022
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 111 PGSD 2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD matematika dan mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan pada materi geometri bernuansa budaya Melayu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk yakni mengembangkan LKPD. Model pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), pelaksanaan (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah dua orang dosen sebagai validator yang terdiri dari validator ahli materi dan validator ahli media, guru, dan siswa kelas V-A sebanyak 29 siswa sebagai sasaran pemakaian produk untuk uji coba secara terbatas. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa jenis data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini memanfaatkan angket dan tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) Hasil perolehan rata-rata kedua validator yakni ahli materi dan ahli media untuk tingkat kevalidan adalah 4,41 pada kriteria “Sangat Baik”. (2) Hasil perolehan rata-rata respon guru dan respon siswa terhadap LKPD untuk tingkat kepraktisan adalah 4,65 pada kriteria “Sangat Baik”. (3) Tingkat keefektifan LKPD diperoleh dari hasil rata-rata skor perolehan tes kemampuan berpikir kritis yakni 75,86 dengan kategori “Baik” dan persentase ketuntasan siswa yakni 72,41 dengan kategori “Baik” sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan penggunaan LKPD baik dan LKPD dinyatakan efektif. Kelayakan LKPD dapat dilihat pada perolehan rata-rata instrumen angket dari validator, guru, dan siswa yakni 4,53 dengan kategori “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa khususnya pada materi geometri dan LKPD layak untuk digunakan oleh guru dan siswa sebab LKPD bersifat valid, praktis, dan efektif.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2460
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
a. Cover.docCOVER401 kBMicrosoft WordView/Open
b. Tanda Persetujuan Skripsi.docLEMBAR PERSETUJUAN226 kBMicrosoft WordView/Open
d. DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI109 kBMicrosoft WordView/Open
c. KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR69 kBMicrosoft WordView/Open
e. Abstrak.docABSTRAK531 kBMicrosoft WordView/Open
f. BAB I.doc
  Restricted Access
BAB I103.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
g. BAB II.doc
  Restricted Access
BAB II1.48 MBMicrosoft WordView/Open Request a copy
h. BAB III.doc
  Restricted Access
BAB III377 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
i. BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV25.69 MBMicrosoft WordView/Open Request a copy
j. BAB V.doc
  Restricted Access
BAB V42.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
k. DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA58.5 kBMicrosoft WordView/Open
l. LAMPIRAN.docLAMPIRAN14.33 MBMicrosoft WordView/Open
m. Biodata Mahasiswa.docBIODATA68 kBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.