Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/310
Title: Upaya meningkatkan kemampuan berbicara dengan metode round robin dalam diskusi kelompok pada siswa kela X SMK AL Washliyah 9 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2020-2021
Authors: HUMAIDAH, RAHMY
Keywords: Kumpetensi
berbicara
teknik round robin
Issue Date: 1-Jul-2021
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 03 PEND.BIND 2021
Abstract: Permasalahan yang diajukan dalam peneitian ini adalah “Apakah penerapan metode round robin dapat mengupayakan kemampuan berbicara dalam diskusi kelompok siswa kelas X SMK Al-Washliyah 9 PerbaunganTahun Pembelajaran 2020-2021?Kemampuan berbicara merupakan kompetensi dasar sebagai kemampuan atau respon, minimal yang harus dimiliki siswa. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Al-Washliyah 9 Perbaunganyang berjumlah 35 siswa, dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah kemampuan berbicara dalam diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode round robin di kelas Al-Washliyah 9 Perbaungandengan tiga siklus. Untuk memperoleh data yang diperlakukan dalam penelitian ini, digunakan tes essay yaitu tes hasil belajar sebanyak 5 (lima) soal. Prosedur penelitiannya terdiri dari tahap perencanaan, membuat rencana pembelajaran, lembar observasi dan mendesain alat evaluasi.Tahap pelaksanaan tindakan, melaksanakan rencana pembelajaran metode round robin.Tahap observasi menggunakan lembar observasi untuk mencatat temuan.Tahap observasi dan refleksi merupakan analisis, sintesis, interpretasi, dan eksplementasi yang diperoleh dari data pelaksanaan tindakan.Hasil penelitian ini memberi simpulan yaitu suasana belajar dalam pembelajaran yang menerapkan metode round robin, yang mana aktivitas siswa, kondisi siswa dalam belajar, respon dan hasil belajar siswa sewaktu belajar mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Dengan rata-rata tes hasil belajar pertama sebesar 63, 21 dari siklus I, rata-rata tes hasil belajar ke-dua 71, 69 pada siklus II, rata-rata hasil belajar ke-tiga 73, 69 pada siklus III, demikian juga dengan ketuntasan belajar siswa di siklus I sebesar 45, 65%, di siklus II sebesar 80, 65%, dan di siklus III, sebesar 91, 65%. Dari hasil ini dapat di simpulkan bahwa penerapan metode round robin dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam diskusi kelompok siswa kelas X Al-Washliyah 9 PerbaunganTahun Pembelajaran 2020-2021.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/310
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER41.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open
PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN31.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI30.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KT. PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR77.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK31.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB 1.docx
  Restricted Access
BAB I26.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 2.docx
  Restricted Access
BAB II35.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 3.docx
  Restricted Access
BAB III82.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 4.docx
  Restricted Access
BAB IV89.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 5.docx
  Restricted Access
BAB V24.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA21.28 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.