Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3238
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PUISI BERBASIS MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-RAZI SINAR HARAPAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022-2023
Other Titles: TESIS
Authors: Nurapriana
Harahap, Rosmawati
Keywords: Pengembangan
Bahan Ajar
Model Picture and Picture
Issue Date: 22-Jul-2023
Publisher: Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 04 2023 PPS PEND.IND
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya bahan ajar sastra dalam kegiatan pembelajaran puisi di kelas VIII SMP Al-Razi Sinar Harapan sehingga perlu dikembangkan produk berupa bahan ajar puisi berbasis model pictureand picture sebagai media/alat bantu yang digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang dapat menunjang pengetahuan siswa, sehingga bahan ajar dirancang sedemikian rupa agar siswa dapat melakukan aktivitas saat pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan bahan ajar puisi berbasis model picture and picture di kelas VIII SMP Al-Razi Sinar Harapan, mengetahui kelayakan produk bahan ajar puisi berbasis model picture and picture di kelas VIII SMP Al-Razi Sinar Harapan, dan mengetahui response dari pendidik dan peserta didik mengenai produk bahan ajar puisi berbasis model picture and picture di kelas VIII SMP Al-Razi Sinar Harapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research & Development). Subjek penelitian terhadap produk pengembangan pada penelitian ini adalah validator. Penelitian dilakukan dengan mengisi lembar validasi yang telah disediakan, yang menjadi validator dalam penelitian ini adalah guru bidang studi. Selain itu, yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Razi Sinar Harapan. Objek penelitian ini adalah bahan ajar puisi berbasis model picture and picture pada siswa kelas VIII SMP Al-Razi Sinar Harapan yang terletak di kecamatan Medan Johor, kabupaten Kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis puisi yang diperoleh siswa sebelum dilakukan pengembangan bahan ajar yaitu sebesar 63,55 di mana sebelum proses pengembangan bahan ajar berada pada kategori cukup. Selanjutnya, setelah dilakukan pengembangan bahan ajar puisi berbasis model picture and picture menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata kemampuan menulis puisi yang diperoleh siswa yaitu sebesar 71,75 dan kemudian meningkat menjadi baik setelah proses pengembangan bahan ajar puisi berbasis model picture and picture pada siswa kelas VIII SMP Al-Razi Sinar Harapan. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain pengembangan bahan ajar puisi berbasis model picture and picture pada siswa kelas VIII SMP Al-Razi Sinar Harapan dinyatakan berhasil dan baik.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3238
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK448.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I22.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II49.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III83.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV122.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V25.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA91.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER480.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI17.97 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA43.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR214.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN4.06 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN97.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.