Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/325
Title: efektivitas model pembelajaran information search (IS) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia (kajian membaca) di kelas VII-B MTs Al Hidayah Adolina
Authors: Putri juwita, S.Pd.,M.Pd ( PEMBIMBING )
FRANSISKA, CITRA
Keywords: Efektivitas Information Search
Hasil Belajar
Issue Date: 6-Jul-2021
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 19 PEND.BIND 2021
Abstract: Pendidikan merupakan suatu pengajaran yang diajarkan oleh guru kepada peserta didik dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan yang ada pada diri peserta didik supaya memiliki kepribadian spiritual, dan kecerdasan yang baik, lewat proses belajar yang baik dan teratur. Pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan memperoleh dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif. Proses kegiatan pembelajaran di MTs Al Hidayah Adolina masih berpusat pada guru, peserta didik kurang berperan aktif saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebutmakapeneliti menggunakan ModelpembelajaranInformation Search (IS) yang menekankan peserta didik untuk lebih aktif, dan mengembangkan pengetahuan dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelas (PTK) yang terdiridariduavariabeldanduasiklus. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia di kelas VII-B MTs Al Hidayah Adolina Perbaungan. Hal ini terlihat dari kurang mampunya siswa menyelesaikan soal dan kurangnya minat siswa untuk belajar bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran information serach(IS)di kelas VII-B MTs Al Hidayah Adolina Perbaungan. Adapun peningkatan hasil belajar tersebut dilihat berdasarkan tingkat ketuntasan belajar siswa terhadap kajian membaca.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data skala sikap siswa siklus I tergolong kurang baiksebanyak17 siswa, siklus II tergolong sangat baik sebanyak26 siswadari 30 siswa. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I sampai siklus II, dengan rata-rata tes hasil belajar siklus I sebesar 67,3 (13 siswa), dan siklus II sebesar 78,77 (24 siswa) dengan jumlah siswa kelas VII-B sebanyak 30 orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Information Search (IS)di kelas VII-B MTs Al Hidayah Adolina Perbaungan.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/325
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER96.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN17.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI22.32 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR18.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK17.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I24.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II35.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III71.91 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV33.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V16.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA16.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran A.docxLAMPIRAN32.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.