Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3694
Title: PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD NEGERI 101932 PERBAUNGAN
Authors: Sarah, Mei
181434223
Darwis, Umar
Keywords: Direct Instruction
Classroom Action Risearch
Problem Solving
hasil belajar
tematik
one shot case study
Issue Date: 29-Dec-2022
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 43 PGSD 2024
Abstract: Penilitian ini dilatar belakangi masalah masih rendahnya Hasil Belajar peserta didik Kelas III SD Negeri 101932 Perbaungan, hal ini dikarenakan strategi atau metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan guru masih menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Model pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang berpusat pada guru. Dengan demikian, menyebabkan pembelajaran tidak efektif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang tergolong rndah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas III SD Negeri 101932 Perbaungan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Risearch), proses tindakan kelas meliputi: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini bertujuan agar guru lebih kreatif dalam memilih model atau metode pembelajaran yang bervariasi dan agar peserta didik mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan standar ketuntasan yang ditetapkan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas III semester I yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes isian sebanyak 10 soal dengan bentuk One Shot Case Study. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Populasi sampling. Setelah menerapkan metode pemecahan masalah (Problem Solving) ternyata berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yaitu Tema 3 (Benda di Sekitarku) dengan Sub Tema 1 (Aneka Benda di Sekitarku) pada kelas III SD Negeri 101932 Perbaungan. Hal ini ditunjukkan pada perhitungan akhir dengan uji-t satu arah diperoleh thitung = 10,542. Kemudian dikonsultasikan ke tabel distribusi t satu arah dengan dk=26-1=25 dan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,708. Dengan kata lain nilai thitung terletak di daerah penolakan H0. Dengan demikian thitung > ttabel maka hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat diartikan bahwa metode Problem Solving efektif terhadap hasil belajar Tematik yaitu Tema 3 (Benda di Sekitarku) dengan Sub Tema 1 (Aneka Benda di Sekitarku) pada kelas III SD Negeri 101932 Perbaungan.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3694
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK337.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I26.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II96.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III32.69 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV44.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V17.28 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA353.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER159.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI22.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA18.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR127.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN1.23 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI215.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.