Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/431
Title: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di MTs Persiapan Negeri Desa Pulau Tagor Kecamatan Serba Jadi T. P 2020/2021
Authors: INDRIANI, HILZA KARYAWATI
Keywords: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
kesalahan siswa
Issue Date: 3-Jul-2021
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 07 PEND.MM 2021
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan sistem persamaan linear dua variabel (2) faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII A MTs Persiapan Negeri Desa Pulau Tagor, yang berjumlah 23 orang, dan memilih 3 orang siswa sebagai subjek wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil analisis yang ditemukan. (1) siswa mendapatkan predikat A tidak ditemukan kesalahan dengan rentang nilai 93-100, 4 siswa mendapatkan predikat B ditemukan bahwa melakukan kesalahan yang sedikit dengan rentang nilai 84-92 yang memenuhi KKM, di temukan 8 siswa mendapatkan predikat C dan D melakukan kesalahan banyak dengan rentang nilai 75-83, dan < 75 nilai dibawah KKM. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) kesalahan konsep sebesar (95,65%) adalah: (a) tidak menuliskan kembali dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanya, (b) tidak dapat menjawab variabel dalam membuat model matematika dan pada pemisalanyang telah dibuat tidak tepat, (c) pemisalan dalam menentukan variabel untuk membuat model matematika tidak sesuai dengan soal, (d) salah menggunakan metode eliminasi dan substitusi. (2) Kesalahan prinsip dan operasi sebesar (86,95%) adalah: penentuan jawaban akhir tidak sesuai pada soal, siswa salah dalam operasi hitung bentuk aljabar. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa yaitu: (a) Siswa tidak memahami konsep. (b) Siswa hanya fokus pada contoh yang diberikan guru. (c) siswa tidak menguasai operasi bentuk aljabar. (d) siswa tidak teliti dalam menjawab soal.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/431
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER90.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN14.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI26.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR23.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK21.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I34.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II69.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III44.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV1.65 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V30.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA34.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN1.86 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.