Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/795
Title: PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SHAREAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA KELAS VIII MTS NURUL IMAM TANJUNG MORAWA
Authors: NOPRIYANI, NANDA
Keywords: Model TPS
Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa
Issue Date: 26-Sep-2018
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 79 PEND.MM 2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII MTs. Nurul Iman Tanjung Morawa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII MTs. Nurul Iman Tanjung Morawa?”. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Iman Tanjung Morawa yang terdiri dalam 6 kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, dengan cara mengundi seluruh kelas populasi dan hasil pengundian tersebut terpilih adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 Sebagai kelas kontrol. yang setiap kelas terdiri dari 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian, sebelum di uji cobakan tes terdiri dari 6 soal, namun setelah di uji cobakan ternyata terdapat 1 butir soal yang tidak valid, sehingga hanya 5 butir soal yang dinyatakan layak sebagai alat pengumpul data. Dari hasil pembahasan penelitian ini kelas yang menggunakan model kooperatif tipe TPS diperoleh perhitungan rata-rata 79,63dan simpangan baku 4,89. kelas yang menggunakan pendekatan konvensional diperoleh perhitungan rata-rata 73,60 dan simpangan baku 6,499 dengan menggunakan uji kesamaan rata-rata dengan taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan = 58 diperoleh thitung = 4,061. Dengan menggunakan tabel distribusi pada taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan = 58 diperoleh ttabel = 1,671 yang menunjukan bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha yang diterima. Berdasarkan analisis data pengujian diatas dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa khususnya pada materi operasi aljabar pada siswa kelas VIII MTs.Nurul Iman Tanjung Morawa.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/795
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1 COVER LUAR.docxCOVER89.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3 LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN11.97 kBMicrosoft Word XMLView/Open
5 DAFTAR ISI,tabel,lamp.docxDAFTAR ISI22.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open
4 KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR17.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6 ABSTRAK.docxABSTRAK15.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I23.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II31.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III42.73 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV30.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V17.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA15.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN 1.docxLAMPIRAN59.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN 2.docxLAMPIRAN68 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.