Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/820
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NURUL HASANAH TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017
Authors: UTAMI, SURI
Keywords: model picture and picture
menulis
puisi
Issue Date: 29-Aug-2017
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 121 PEND.BIND 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nurul Hasanah sebanyak 144orang. Sampel diambil sebanyak 36 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen One Group Pre- Test Post-Test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi.Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture (post-test) 73sedangkan nilai rata-rata kemampuan menulis puisi tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture (pre-test) 60. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada post test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kemampuan menulis puisi tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture pre-test. Dalam pengolahan data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan dengan uji normalitas dan dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas. Berdasarkan uji normalitas diperoleh Lhitung untuk pre-test sebesar 0.1382 dan post- test 0.0984 dengan Ltabel sebesar 0.1401 sehingga Lhitung <Ltabel dan hal ini membuktikan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya dengan uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.52 dan Ftabel = 1.70 maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian dinyatakan homogen karena Fhitung< Ftabel. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung >ttabel, 2.73>2.02 pada taraf signifikan 5%. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis awal diterima. Sehingga hal ini menunjukanbahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis puisi.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/820
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. COVER TAMI.docxCOVER19.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2. LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN14.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
4. DAFTAR ISI TAMI.docxDAFTAR ISI22.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3.2 KATA PENGANTAR TAMI.docxKATA PENGANTAR20.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3.1 ABSTRAK TAMI.docxABSTRAK18.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6. BAB I TAMI.docx
  Restricted Access
BAB I29 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
7. BAB II TAMI.docx
  Restricted Access
BAB II48.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
8. BAB III tami.docx
  Restricted Access
BAB III66.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
9. BAB IV dan V Tami.docx
  Restricted Access
BAB IV DAN BAB V136.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
10. DAFTAR PUSTAKA TAMI.docxDAFTAR PUSTAKA19.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
11. SILABUS.docxLAMPIRAN18.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.