Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/845
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs EX-PGA PROYEK UNIVA MEDAN TA. 2017-2018
Authors: WARDANI, TRI
Keywords: Pembelajaran Matematika
materi himpunan
model Contextual Teaching and Learning
Issue Date: 28-Sep-2017
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 123 PEND.MM 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan minat dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah classroom action reseach (CAR) yang terdiri dari 3 siklus. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTs EX PGA Proyek UNIVA Medan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah minat dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok himpunan. Instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar angket minat matematika siswa berbentuk pernyataan sebanyak 20 soal, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar berjumlah 5 soal berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Ini dapat di lihat dari peningkatan nilai yang diperoleh siswa pada akhir pembelajaran. Nilai persentase minat kelas belajar matematika siswa meningkat dari 40% pada siklus I, menjadi 56,66% pada siklus II, dan mencapai 90% pada siklus III. Hal tersebut juga terjadi pada aktivitas belajar siswa, dengan persentase sebesar 67,66% pada siklus I, meningkat menjadi 72,88% pada siklus II, dan mencapai nilai 86,322% pada siklus III. Nilai rata-rata kelas tes hasil belajar. Siklus I mencapai 73,167 dengan persentase tuntas belajar klasikal (TBK) sebesar 67 %. Kemudian, pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 81,33 dengan persentase TBK sebesar 77% dan mencapai nilai rata-rata kelas 88,5 dengan persentase TBK sebesar 87%. Dengan demikian, disarankan guru kelas VII dapat menerapkan model Contextual Teaching and Learning dalam kegiatan pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi himpunan.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/845
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover skripsi.docxCOVER93.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open
dani daftar isi.docxDAFTAR ISI21.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTA4.docxKATA PENGANTAR20.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK21.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Pendahuluan BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I14.97 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I28.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
Pendahuluan BAB 2.docx
  Restricted Access
BAB II16.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II38.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
Pendahuluan BAB 3.docx
  Restricted Access
BAB III14.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III baru.docx
  Restricted Access
BAB III124.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV PENDAHULUAN.docx
  Restricted Access
BAB IV13.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV TRIWARDANI.docx
  Restricted Access
BAB IV196.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 5 PENDAHULUAN.docx
  Restricted Access
BAB V17.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 5 ISI.docx
  Restricted Access
BAB V17.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA14.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open
daftar pustaka lanjutan.docxDAFTAR PUSTAKA13.28 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran kisi-kisi minat perpus.docxLAMPIRAN20.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran H minat.docxLAMPIRAN64.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran G minat.docxLAMPIRAN28.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran observasi I,II,III.docxLAMPIRAN52.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.