Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/850
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DEEP DIALOGUE AND CRITICAL THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A. 2017/2018
Authors: NASUTION, SITI HARDIYANTI
Keywords: Model Pembelajaran Inovatif Deep Dialogue
Critical Thinking  
Issue Date: 30-Dec-2017
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 20 PEND.FIS 2017
Abstract: Pembelajaran inovatif Deep Dialogue and Critical Thinking merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran inovatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara heterogen. Diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis dan penghargaan kelompok, Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena dalam konteks ini peserta didik perlu mengerti apa makna belajar, apa manfaatnya dan bagaimana mereka mencapainya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji adanya pengaruh antara hasil belajar siswa yang menggunakan Model pembelajaran inovatif Deep Dialogue and Critical Thinking dan Model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilakukan di kelas X semester I SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2017/2018 pada pokok bahasan Pengukuran Kuat Arus Listrik. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 180 orang yang terdiri dari 6 (enam), masing – masing kelas 30 orang siswa kelas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan perhitungan uji t dengann -ttabel ≤ thitung ≤ +ttabel. Dari hasil penelitian, hasil belajar fisika siswa yang menggunakan Model inovatif Deep Dialogue and Critical Thinking (X1) = 13,7 ; S1 = 3,6 dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional (X2) = 11,2 ; S2 = 3,4 Untuk uji Hipotesis Data diperoleh thitung = 3,16 dengan ttabel = 2,002, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model Deep Dialogue and Critical Thinking dengan model pembelajaran Konvensional pada materi pokokPengukuran Kuat Arus Listrik. Dengan adanya beda yang berarti maka adanya pengaruh signifikan pada model inovatif Deep Dialogue and Critical Thinking terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.A 2017/2018.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/850
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER 1.docxCOVER90.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Tanda Persetujuan Skripsi.docLEMBAR PERSETUJUAN50.5 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGANTAR dan Daftar Isi Yanti.docDAFTAR ISI DAN KATA PENGANTAR75 kBMicrosoft WordView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK18.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I20.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II214.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III57.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV60.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V21.7 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA15.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 3 perhitungan validitas.docxLAMPIRAN14.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 1 skor hasil belajar.docxLAMPIRAN23.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 2.docxLAMPIRAN37.69 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 4 perhitungan reabilitas.docxLAMPIRAN16.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 5 taraf kesukaran.docxLAMPIRAN17.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.