Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1002
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBeta Rapita Silalahi, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorSARI, HILYATI-
dc.date.accessioned2022-04-21T07:22:16Z-
dc.date.available2022-04-21T07:22:16Z-
dc.date.issued2021-11-04-
dc.identifier.other171434136-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1002-
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 102063 Bangun Bandar yang menjadi sampel adalah siswa kelas V dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal/uji persyaratan analisis, uji t, uji gain, dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama berbasis audiovisual layak digunakan dengan persentase penilaian komponen kelayakan isi 97,5%, komponen penyajian 95% dan komponen kebahasaan 75%. Media diorama berbasis audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 2,181 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,343 dengan kriteria sedang. Aktivitas siswa memperoleh skor dengan persentase 81% kriteria sangat tinggi pada pertemuan pertama dan memperoleh skor dengan persentase 85% kriteria sangat tinggi pada pertemuan 2. Simpulan ini adalah bahwa aktifitas dengan menggunakan media diorama berbasis audio visual sangat baik bagi siswa dan mempermudah guru dalam mengajar pkn keputusan bersama. Penelitian ini adalah media diorama berbasis audiovisual efektif digunakan pada pembelajaran Pkn materi keputusan bersama dan meningkatkan aktivitas siswa. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media diorama berbasis audiovisual pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan desain dan komponen media terhadap materi yang akan diajarkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 47 PGSD 2021en_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectDiorama Berbasis Audioen_US
dc.subjectKeputusan Bersamaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MAEDIA DIORAMA BERBASIS AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA DI KELAS V SDN 102063 BANGUN BANDARen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.docCOVER121.5 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI52.5 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR121 kBMicrosoft WordView/Open
ABSTRAK.docABSTRAK31 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I.doc
  Restricted Access
BAB I65.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB II.doc
  Restricted Access
BAB II142 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB III.doc
  Restricted Access
BAB III152.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV640.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB V.doc
  Restricted Access
BAB V63 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA68 kBMicrosoft WordView/Open
Lampiran.docLAMPIRAN3.49 MBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.