Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1028
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorUmar Darwis, SE.,M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorPRATIWI, CINDY-
dc.date.accessioned2022-04-22T06:47:06Z-
dc.date.available2022-04-22T06:47:06Z-
dc.date.issued2021-11-11-
dc.identifier.other171434244-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1028-
dc.description.abstractModel pembelajaran penting dalam proses pembelajaran karena model pembelajaran dapat menentukan hasil belajar. Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN No 105361 Lubuk Cemara bahwa belum efektifnya kegiatan belajar mengajar, Masih banyaknya siswa yang memiliki nilai rendah dalam pelajaran IPS, Kesulitan siswa memahami pelajaran Tematik, Kurangnya inovasi pendidik dalam memilih model pembelajaran, Mata pelajaran IPS menjadi mata pelajaran yang kurang mendapatkan perhatian serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model make a match berbantu kartu bergambar terhadap hasil belajar IPS Tema Kayanya Negeriku di kelas IV SDN No 105361 Lubuk Cemara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih. Penelitian ini menggunakan penelitian Eksperimen Semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design.. Sampel pada penelitian ini menggunaan teknik probability sampling yaitu simple random sampling.Subjek penelitian ini yaitu di SDN No 105361 Lubuk cemara. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas IV A yang berjumlah 34 sebagai kelas kontrol dan kelas IV B yang berjumlah 34 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t yang di dahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS menggunakan model make a match berbantu kartu bergambar. Hal ini ditunjukkan dari perolehan hasil perhitungan uji hipotesis posttest melalui uji-t pada taraf signifikansi 0.05, dimana thitung> ttabel yaitu (4,25>1,994437) Hasil ini diperkuat dengan pencapaian rata-rata nilai siswa pada kelas Pembelajaran konvensionaldengan nilai 76.2 sedangkan Model make a match memperoleh nilai 88.97 Hasil ini menunjukkan bahwa aktivitas kegiatan siswa dapat dikategorikan sangat baik dalam menggunakan model make a match berbantu kartu bergambar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 73 PGSD 2021en_US
dc.subjectModel Make A Matchen_US
dc.subjectHasil belajar IPSen_US
dc.titlePENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTU KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SDN NO 105361 LUBUK CEMARAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER36.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN28.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI36.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR70.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK22.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I51.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II83.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III82.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV59.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V41.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA41.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN3.97 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.