Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1042
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDra. Sukmawarti, M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorNUR'AINI, FARIDA-
dc.date.accessioned2022-04-25T02:15:56Z-
dc.date.available2022-04-25T02:15:56Z-
dc.date.issued2021-12-21-
dc.identifier.other171434054-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1042-
dc.description.abstractBuku ajar merupakan salah satu sumber belajar yang harus dimiliki seorang pendidik sebagai buku panduan dan siswa sebagai sumber untuk belajar. Masalah utama dari penelitian ini adalah kurangnya pemahanam konsep matematika siswa ketika mengerjakan soal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa jenis penalaran soal aritmatika pada buku ajar matematika kelas 6 SD. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis jenis penalaran soal aritmatika pada buku ajar matematika kelas 6 SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pada penelitian ini menggunakan kerangka kerja Lithner. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengelompokkan soal-soal pada buku yang termasuk kedalam jenis soal aritmatka, menganalisis soal berdasarkan jenis penalarannya, memberikan argumentasi dan kesimpulan, lalu mendeskripsikan jenis penalaran pada buku ajar matematika. Hasil dari penelitian ini adalah pada buku pertama yaitu buku Senang Belajar MATEMATIKA penerbit Kemendikbud sebagian soal menggunakan jenis penalaran Imitative Reasoning dimana terdapat 89,74% soal merupakan tipe penalaran Algoritmic Reasoning dan 10,26% soal merupakan jenis penalaran Creative Reasoning tipe Local Creative Reasoning dan Globbal Creative Reasoning. pada buku kedua yaitu buku ESPS MATEMATIKA untuk SD/MI kelas VI penerbit Erlangga sebanyak 86,58% merupakan soal tipe penalaran Imitative Reasoning tipe Memorized Reasoning dan Algoritmic Reasoning dan sebanyak 13,42% merupakan soal tipe penalaran Creative Reasoning tipe Local Creative Reasoning dan Global Creative Reasoning. Dan pada buku ketiga yaitu buku AYO BELAJAR MENALAR MATEMATIKA untuk siswa SD/MI kelas VI penerbit Yrama Widya sebanyak 87,96% merupakan soal jenis penalaran Imitative Reasoning tipe Memorized Reasoning dan Algoritmic Reasoning dan sebanyak 12,04% merupakan soal jenis penalaran Creative Reasoning tipe Local Creative Reasoning dan Global Creative Reasoning. Soal yang ada terdapat dalam buku sesuai dengan standart isi dan sudah dipelajari oleh siswa pada pembelajaran sebelumnya. Dengan demikian, guru juga harus sering memberikan soal dengan jenis penalaran Creative Reasoning agar siswa terbiasa dihadapkan dengan soal yang sulit ketika menghadapi ujian.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 94 PGSD 2021en_US
dc.subjectBuku ajar matematikaen_US
dc.subjectpenalaran matematikaen_US
dc.subjectsoal aritmatikaen_US
dc.titleANALISIS PAENALARAN SOAL ARITMATIKA PAD BUKU AJAR MATEMATIKA KELAS 6 SDen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER85.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI41.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR37.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK35.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I41.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II51.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III62.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV131.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V38.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA37.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN468.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.