Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1054
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDara Fitrah Dwi S.Pd.M.Pd. ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorAFRYDAYANTI, CITRA-
dc.date.accessioned2022-04-25T03:49:52Z-
dc.date.available2022-04-25T03:49:52Z-
dc.date.issued2021-11-18-
dc.identifier.other171434201-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1054-
dc.description.abstractMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung. Proses pembelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan begitu, harus dilakukan penelitian lebih lanjut yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran video melalui aplikasi active presenter dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran video tersebut pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung dengan jumlah 28 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 14 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas VA (eksperimen) yang menggunakan media pembelajaran berbasis video melalui aplikasi active presenter dengan kelas VB (kontrol) yang tidak menggunakan media pembelajaran tersebut atau dapat disimpulkan bahwa thitung = 3.183 > ttabel = 2.056. Maka, hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol (hasil belajar kelas ekperimen = 83.93 > hasil belajar kelas kontrol = 69.64).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 90 PGSD 2021en_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Videoen_US
dc.subjectActive Presenteren_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.titlePENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO MELALUI APLIKASI ACTIVE PRESENTER TERHADAP HASIL BELAJARA IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER73.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI45.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR88.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK39.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I51.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II104.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III70.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV52.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V40.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA41.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN4.58 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.