Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1071
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Aminda Tri Handayani, S.Psi., M.Psi ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | LUBIS, SYAFIA KHAIRUNNISA | - |
dc.date.accessioned | 2022-04-26T06:44:46Z | - |
dc.date.available | 2022-04-26T06:44:46Z | - |
dc.date.issued | 2021-07-27 | - |
dc.identifier.other | 171424047 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1071 | - |
dc.description.abstract | Kegiatan pembelajaran di PAUD Melati Lidah Kecamatan Perbaungan yang dilaksanakan selama ini belum terarah pada komponen-komponen kebugaran jasmani yang dapat mempengaruhi perkembnagan motorik kasar anak. Seperti bermain untuk melatih keseimbangan, koordinasi dan ketetapan anak. Hal tersebut nampak terlihat ketika anak mengikuti kegiatan pembelajaran maelalui bermain melempar bola berpasang-pasangan anak masih belum bisa melempar secara terarah. Maka mendorong pendidik untuk mengembangkannya melalui kegiatan bermain bowling adalah salah satu permainan yang digunakan untuk meningkatkan motorik kasar anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim disebut classroom action risearch. Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan motorik kasar melalui kegiatan bermain bowling anak di PAUD melati lidah kecamatan perbaungan, pada siklus I peserta didik yang belum berkembang mempunyai nilai persentase yang tinggi, dan peserta didik yang berkembang sangat baik mempunyai nilai persentase yang sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang aktif dan kurang fokus dalam menerima pembelajaran khususnya dalam kegiatan bermain bowling. Pada siklus II, peserta didik yang belum berkembang mengalami jumlah yang sangat rendah dibanding pertemuan sebelumnya, peserta didik yang berkembang sangat baik mengalami peningkatan yang bertambah dan dapat dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator tingkat pencapaian yakni 80%. Maka dapat penulis simpulkan bahwa melalui bermain bowling dapat meningkatkan motorik kasar di PAUD melati lidah kecamatan perbaunagn. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 19 PG-PAUD 2021 | en_US |
dc.subject | Motorik Kasar | en_US |
dc.subject | Kegiatan Bermain Bowling | en_US |
dc.subject | Anak Usia Dini | en_US |
dc.title | UPAYA MENINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN BOWLING PADA ANAK DI PAUD MELATI KEC PERBAUNGAN TP 2020-2021 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover.doc | COVER | 141 kB | Microsoft Word | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.doc | LEMBAR PERSETUJUAN | 29 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 68 kB | Microsoft Word | View/Open |
KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 213.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB I.doc Restricted Access | BAB I | 47 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB II.doc Restricted Access | BAB II | 69.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB III.doc Restricted Access | BAB III | 146 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 782 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V.doc Restricted Access | BAB V | 62.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 62.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Lampiran.doc | LAMPIRAN | 11.08 MB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.