Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1071
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAminda Tri Handayani, S.Psi., M.Psi ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorLUBIS, SYAFIA KHAIRUNNISA-
dc.date.accessioned2022-04-26T06:44:46Z-
dc.date.available2022-04-26T06:44:46Z-
dc.date.issued2021-07-27-
dc.identifier.other171424047-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1071-
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran di PAUD Melati Lidah Kecamatan Perbaungan yang dilaksanakan selama ini belum terarah pada komponen-komponen kebugaran jasmani yang dapat mempengaruhi perkembnagan motorik kasar anak. Seperti bermain untuk melatih keseimbangan, koordinasi dan ketetapan anak. Hal tersebut nampak terlihat ketika anak mengikuti kegiatan pembelajaran maelalui bermain melempar bola berpasang-pasangan anak masih belum bisa melempar secara terarah. Maka mendorong pendidik untuk mengembangkannya melalui kegiatan bermain bowling adalah salah satu permainan yang digunakan untuk meningkatkan motorik kasar anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim disebut classroom action risearch. Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan motorik kasar melalui kegiatan bermain bowling anak di PAUD melati lidah kecamatan perbaungan, pada siklus I peserta didik yang belum berkembang mempunyai nilai persentase yang tinggi, dan peserta didik yang berkembang sangat baik mempunyai nilai persentase yang sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang aktif dan kurang fokus dalam menerima pembelajaran khususnya dalam kegiatan bermain bowling. Pada siklus II, peserta didik yang belum berkembang mengalami jumlah yang sangat rendah dibanding pertemuan sebelumnya, peserta didik yang berkembang sangat baik mengalami peningkatan yang bertambah dan dapat dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator tingkat pencapaian yakni 80%. Maka dapat penulis simpulkan bahwa melalui bermain bowling dapat meningkatkan motorik kasar di PAUD melati lidah kecamatan perbaunagn.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 19 PG-PAUD 2021en_US
dc.subjectMotorik Kasaren_US
dc.subjectKegiatan Bermain Bowlingen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titleUPAYA MENINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN BOWLING PADA ANAK DI PAUD MELATI KEC PERBAUNGAN TP 2020-2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.docCOVER141 kBMicrosoft WordView/Open
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docLEMBAR PERSETUJUAN29 kBMicrosoft WordView/Open
DAFTAR ISI.docDAFTAR ISI68 kBMicrosoft WordView/Open
KATA PENGANTAR.docKATA PENGANTAR213.5 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I.doc
  Restricted Access
BAB I47 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB II.doc
  Restricted Access
BAB II69.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB III.doc
  Restricted Access
BAB III146 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB IV.doc
  Restricted Access
BAB IV782 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
BAB V.doc
  Restricted Access
BAB V62.5 kBMicrosoft WordView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docDAFTAR PUSTAKA62.5 kBMicrosoft WordView/Open
Lampiran.docLAMPIRAN11.08 MBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.