Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1105
Title: | ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH |
Authors: | NOVALIA, YESSY |
Keywords: | Aktivitas Belajar Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran Berbasis Masalah |
Issue Date: | 25-Nov-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 52 PEND.MM 2021 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika pada pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini mengacu pada jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data sekunder adalah literatur, artikel, jurnal serta situs di internet yang berkenaan dengan penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Studi literatur sebagai teknik pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan cara menelusuri dokumen penting yang dianggap berkaitan dengan fokus penelitian. Teknik ini disebut juga studi kepustakaan. Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan studi literatur yang telah terkumpul dari hasil pembahasan keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berhasil dengan meningkatkan bahkan memberi penagaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan aktivitas berlajar siwa. Hasi penelitian beberapa artikel jurnal dan skripsi menjelaskan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih baik diterapkan kepada siswa. Pemberlakuan model pembelajaran berbasis masalah yang tepat juga memberikan dampak yaitu meningkatkan pembelajaran matematika. Terbukti dari hasil perolehan nilai rata-rata mengalami peningkatan terhadap pembelajaran matematika. Model pembelajaran berbasis masalah menjadi model pembelajaran yang sangat memberikan manfaat penting terhadap pembelajaran matematika. Model pembelajaran berbasis masalah lebik mudah membuat siswa cepat memahami materi yang diberikan guru karena model pembelajaran berbasis masalah memotivasi siswa dalam pembelajaran. Dan model pembelajaran berbasis masalah membantu siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran dan mampu menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1105 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover.doc | COVER | 41.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 37.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.doc | LEMBAR PERSETUJUAN | 34.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 82 kB | Microsoft Word | View/Open |
ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 37 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB I.doc Restricted Access | BAB I | 57.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB II.doc Restricted Access | BAB II | 93 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB III.doc Restricted Access | BAB III | 62.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 109.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V.doc Restricted Access | BAB V | 56.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 63.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.