Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1126
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nila Afningsih., M.Pd.,M.Pd ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | NURJUMMI | - |
dc.date.accessioned | 2022-05-10T02:31:15Z | - |
dc.date.available | 2022-05-10T02:31:15Z | - |
dc.date.issued | 2021-08-19 | - |
dc.identifier.other | 171214094 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1126 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah pembelajaran yang efektif demi meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa X SMA RK Deli Murni Deli Tua dengan menggunakan teknik akrostik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah kelas siswa X SMA RK Deli Murni Deli Tua yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dengan menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif, seperti observasi, dan hasil tes menulis puisi.Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus tindakan pada tanggal 6 Mei 2021 sampai 11 Mei 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes awal menulis puisi siswa, yaitu 12,4. Dari hasil tes tersebut dapat dilihat bahwa kemampuan menulis puisi siswa masih rendah.Hal ini dikarenakan tidak adanya teknik yang mampu menarik minat siswa dalam menulis puisi.Maka diterapkan teknik akrostik dalam pembelajaran. Siswa mulai mengalami peningkatan pada nilai tindakan siklus I, dengan nilai rata-rata siswa yaitu 16,5 dan meningkat sebanyak 5,21. Pada akhir siklus II, nilai rata-rata siswa yaitu 20,6. Siswa mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II menjadi 8. Hasil pengamatan per individu terdapat 4 aspek pengamatan dari 33 siswa: (1) keaktifan, (2) perhatian dan konsentrasi siswa, (3) minat siswa dalam pembelajaran, dan (4) keseriusan siswa saat kegiatan menulis puisi. Keempat aspek tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Dari hasil pengamatan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik mampu memberikan motivasi sehingga minat dan keterampilan siswa meningkat pada siswa kelas X SMA RK Deli Murni Deli Tua. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 61 PEND.BIND 2021 | en_US |
dc.subject | penelitian tindakan kelas | en_US |
dc.subject | teknik akrostik | en_US |
dc.subject | pembelajaran menulis puisi | en_US |
dc.title | PENGGUNAAN TEKNIK AKROSTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA KELAS X SMA RK DELI MURNI DELI TUA TAHUN PEMBELAJARAN 2020-2021 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 214.57 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 388.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 29.91 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 75.88 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 30.28 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 49.1 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 35.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 77.89 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 17.47 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 34.75 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.