Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1220
Title: | PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SIKAP SISWA YANG DI AJAR DENGAN MODEL THINK TALK WRITE DAN MODEL THINK PAIR SHARE DI KELAS X SMK NEGERI 1 PERBAUANGAN TAHUN AJARAN 2019-2020 |
Authors: | YULISTIANI, DINI |
Keywords: | Komunikasi matematis Sikap TPS TTW |
Issue Date: | 16-Jul-2020 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 26 PEND.MM 2020 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test dan Post-test Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Perbaungan tahun ajaran 2019/2020, yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana kelas X TKJ 1 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen TTW dan kelas X TKJ 2 dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen TPS. sebelum diberikan perlakuan dengan model TTW dan TPS diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas TTW sebesar 49,3 dan kelas TPS memperoleh nilai rata-rata sebesar 48,4. Dari hasil penelitian yang diberikan diperoleh nilai rata-rata post-test kelas TTW sebesar 76,5 dan kelas TPS memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,5.Pengujian hipotesis mengggunakan uji t dengan = 0,05 diperoleh thitung < ttabel (0.58 < 2). Menunjukkan bahwa Ha diterima sehingga dapat dinyatakan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Hasil penelitian yang diberikan diperoleh nilai rata-rata lembar observasi siswa kelas TTW sebesar 33,2 dan kelas TPS memperoleh nilai rata-rata sebesar 32,7.Berdasarkan pengujian hipotesis yaitu dengan mengggunakan uji t dengan = 0,05 diperoleh thitung < ttabel (1.5 < 2). Menunjukkan bahwa Ha diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan sikap siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan sikap siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1220 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.doc | COVER | 48 kB | Microsoft Word | View/Open |
Lembar Persetujuan.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 374.14 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
daftar isi.doc | DAFTAR ISI | 60 kB | Microsoft Word | View/Open |
kata pengantar.doc | KATA PENGANTAR | 44.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Abstrak.doc | ABSTRAK | 35 kB | Microsoft Word | View/Open |
BAB I.doc Restricted Access | BAB I | 2.52 MB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB II.doc Restricted Access | BAB II | 1.9 MB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB III.doc Restricted Access | BAB III | 2.02 MB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 853.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V.doc Restricted Access | BAB V | 195.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
Daftar Pustaka.doc | DAFTAR PUSTAKA | 202.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Lampiran.doc | LAMPIRAN | 14.83 MB | Microsoft Word | View/Open |
BIODATA.docx | BIODATA | 377.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.