Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1225
Title: PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS VII SMP IT YAYASAN PENDIDIKAN TARBIYAH ISLAMIYAH PERBAUNGAN TA 2019/2020
Authors: SARI, DWI MAYA
Keywords: Aktivitas belajar
hasil belajar
Model Think Pair Share
Model Group Investigation.
Issue Date: 16-Jul-2020
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 33 PEND.MM 2020
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dangan jenis penelitian quai eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran think pair share dan group investigation di kelas VII SMP IT Yayasan Pendidikan Tarbiyahislamiyah Perbaungan T.A 2019/2020, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran think pair share dan group investigation di kelas VII SMP IT Yayasan Pendidikan Tarbiyah islamiyah Perbaungan T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP IT Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Perbaungan yang berjumlah dua kelas. Sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen I sebanyak 30 orang dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen II sebanyak 30 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan lembar observasi aktivitas untuk melihat aktivitas belajar siswa dan 5 tes uraian untuk melihat hasil belajar matematika siswa. Sebelum tes ini ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa kelas VIII untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan aktivitas siswa melalui model pembelajaran think pair share dan group investigation. Hal ini dibuktikan secara statistik dengan menggunajan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh t_hitung= 2,317 dan t_tabel=2,002 berarti t_hitung>t_tabel yang menyimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. (2) terdapat perbedaan aktivitas siswa melalui model pembelajaran think pair share dan group investigation. Hal ini dibuktikan secara statistik dengan menggunajan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh t_hitung=2,533 dan t_tabel=2,002 berarti t_hitung>t_tabel yang menyimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1225
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER45.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lembar Persetujuan.docxLEMBAR PERSETUJUAN386 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI20.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR28.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK14.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I25.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II44.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III53.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV33.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V16.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA15.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN2.24 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA.docxBIODATA39.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.