Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1229
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PRATIWI, ARTIKA | - |
dc.date.accessioned | 2022-05-30T07:26:30Z | - |
dc.date.available | 2022-05-30T07:26:30Z | - |
dc.date.issued | 2020-07-28 | - |
dc.identifier.other | 161114010 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1229 | - |
dc.description.abstract | Berdasarkan hasil studi PISA tampak bahwa untuk kategori kemampuan pemecahan masalah peserta didik Indonesia masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dianggap dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jenis penelian ini yaitu Studi Literatur, data yang digunakan berupa beberapa jurnal terkait motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian dari beberapa jurnal yang diteliti yaitu: 1). Dengan diterapkannya langkah-langkah pada pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dengan tepat, menjadikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang memusatkan proses pembelajaran kepada peserta didik ini membuat peserta didik harus aktif dalam pembelajaran karna aktif merupakan salah satu indikator yang ada pada motivasi belajar siswa. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. 2). Dengan termotivasinya peserta didik hal ini akan berhubungan dengan jika diterapkannya langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang memberikan peluang kepada peserta didik dalam mengemukakan pendapatnya, dan dari proses diskusi yang dilakukan secara dua kali membuat peserta didik dapat dapat terfokus pada masalah yang diperoleh kemudian dicari jalan keluar dengan cara memecahkan masalah. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 37 PEND.MM 2020 | en_US |
dc.subject | Motivasi belajar | en_US |
dc.subject | kemampuan pemecahan masalah matematika | en_US |
dc.subject | model Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.