Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1241
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PURBA, NUR AFIKAH BR | - |
dc.date.accessioned | 2022-05-30T09:17:38Z | - |
dc.date.available | 2022-05-30T09:17:38Z | - |
dc.date.issued | 2020-07-08 | - |
dc.identifier.other | 161114094 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1241 | - |
dc.description.abstract | Pemahaman konsep matematis merupakan landasan penting untuk berpikir dalam menyelesaikan permasalahan matemati kamaupun permasalahan sehari-hari. Metakognisi adalah pengetahuan dan kesadaran tentang proses kognitif tentang cara berfikir individu itu sendiri. Penelitianinibertujuanuntuk mendeskripsikan kesulitan siswa memahami konsep matematis ditinjau dari metakognisi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang siswa kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah-1. Kemampuan metakognisi siswa terdiri dari tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Setiap kategori kemampuan metakognisi diwakili oleh 2 orang siswa. Prosedur pemilihan subjek dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui soal pemahaman konsep matematis pada materi bangun datar melalui sistem daring (online). Kesulitan pada pemahaman konsep terdiri dari tigakategori yaitu tinggi, sedang, rendah. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) siswa dengan kategori kemampuan metakognisi tinggi, tingkat kesulitan siswa termasuk pada kategori rendah. (2) siswa dengan kategori kemampuan metakognisi sedang, tingkat kesulitan siswa termasuk pada kategori sedang. (3) siswa dengan kategori kemampuan metakognisi rendah, tingkat kesulitan siswa termasuk pada kategori sedang. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 55 PEND.MM 2020 | en_US |
dc.subject | Pemahaman konsep matematis | en_US |
dc.subject | Metakognisi | en_US |
dc.title | ANALISIS KESULITAN MEMAHAMI KONSEP DI TINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 370.1 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PERSETUJUAN.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 320.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 13.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 17.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 16.16 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB 1.docx Restricted Access | BAB I | 27.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 57.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 39.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 3.56 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 22.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 23.07 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 3.23 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA AFIKA.docx | BIODATA | 13.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.