Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1304
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorELISDAWATI, EKI-
dc.date.accessioned2022-06-07T04:05:49Z-
dc.date.available2022-06-07T04:05:49Z-
dc.date.issued2020-08-15-
dc.identifier.other141114006-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1304-
dc.description.abstractModel Quantum Learning sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya, sehingga diharapkan dapat tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa. Dalam kegiatan belajar siswa, guru berperan sebagai penggerak atau pembimbing, sedangkan siswa berperan sebagai penerima atau yang dibimbing. Penelitian untuk penulisan skripsi ini dibatasi pada peningkatan hasil belajar dari beberapa segi yaitu kondisi psikologis siswa, kondisi sosial siswa, dan kondisi akademis siswa. Penelitian skripsi ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam bahasa asing sering dikenal Classroom Action Research (CAR) dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Rusna Ristasa, menggunakan III siklus pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar mata materi bilangan bulat bagi siswa VII SMP YP IT. Rahmat Marendal dengan menggunakan model Quantum Learning. Penelitian ini dilakukan terhadap 40 siswa kelas VII SMP YP IT. Rahmat Marendal pada tahun ajaran 2018/2019. Model pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh secara kualitatif adalah data tes dan observasi penerapkan Quantum Learning. Data yang diperoleh secara kuantitatif adalah data tentang hasil belajar siswa diambil dengan memberikan tes kepada siswa yang berupa soal dengan 4 soal pada setiap akhir siklus, data tentang hasil penilaian kegiatan siswa dengan menggunakan lembar penilaian kegiatan siswa untuk setiap kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata materi bilangan bulat. Peningkatan ini ditunjukkan oleh perbandingan rata-rata hasil belajar yang dicapai antara siklus I (53,97), siklus II (65,74) peningkatan presentase 11,77% dan siklus III (73,24) peningkatan presentase 7,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan dapat menjadi jembatan bagi munculnya penelitian baru. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dalam dunia penelitian pendidikan agar mutu pendidikan di Indonesia baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 129 PEND.MM 2020en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWAKELAS VII SMP YP. IT. RAHMAT MARENDAL T.P 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER90.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN402.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI24.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR14.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK13.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I35.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II40.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III55.27 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV89.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V31.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA30.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN99.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.